Anak Cerdas, Berinternet Sehat! Gini Cara Orang Tua Bimbing Anak Menggunakan Internet Aman
Sumber: canva.com

Parenting / 10 July 2024

Kalangan Sendiri

Anak Cerdas, Berinternet Sehat! Gini Cara Orang Tua Bimbing Anak Menggunakan Internet Aman

Claudia Jessica Official Writer
1284

6. Ajarkan Etika Online untuk Internet Aman

Ajarkan anak untuk selalu bersikap sopan dan menghormati orang lain di dunia maya, seperti yang mereka lakukan di dunia nyata. Jelaskan bahwa mereka tidak perlu membalas komentar negatif atau kebencian dengan hal yang sama demi menjaga internet aman.

7. Simulasi Situasi Internet Aman

Buat skenario situasi berbahaya di internet dan ajak anak untuk mempraktikkan bagaimana mereka akan merespons. Ini akan membantu mereka mempersiapkan diri jika menghadapi situasi serupa di dunia nyata, sehingga mereka bisa menjaga internet aman.

8. Mengajarkan Penilaian Kritis untuk Internet Aman

Ajarkan anak untuk tidak langsung percaya pada semua yang mereka baca di internet dan selalu cek fakta dari sumber yang terpercaya. Beri tahu anak untuk tidak mengklik iklan atau tautan mencurigakan yang muncul di berbagai situs, demi memastikan penggunaan internet aman.

Tak hanya melakukan 8 tips di atas, orang tua juga harus memberikan contoh yang baik dalam penggunaan internet sehari-hari agar anak-anak dapat meniru perilaku yang positif.

Melalui edukasi dan komunikasi yang efektif, kita dapat melindungi anak-anak dari bahaya online dan memastikan mereka mendapatkan manfaat maksimal dari teknologi digital. Internet aman adalah kunci untuk pengalaman online yang positif dan produktif bagi anak-anak.

Saksikan: LIVE HACKER DAN ANCAMAN SIBER DATA PRIBADI

Sumber : jawaban.com
Halaman :
12Tampilkan Semua

Ikuti Kami