Libur Sekolah Selesai, Apa yang Harus Orang Tua Siapkan untuk Anak Kembali Masuk Sekolah?
Sumber: canva.com

Parenting / 9 July 2024

Kalangan Sendiri

Libur Sekolah Selesai, Apa yang Harus Orang Tua Siapkan untuk Anak Kembali Masuk Sekolah?

Claudia Jessica Official Writer
784

3. Mempersiapkan Mental Anak

Mempersiapkan mental anak untuk kembali ke sekolah setelah libur sekolah selesai adalah langkah yang perlu dipersiapkan.

Orang tua bisa mengajak anak mengunjungi sekolah sebelum hari pertama kembali ke sekolah atau membicarakan hal-hal positif tentang sekolah dan kegiatan yang menyenangkan di sana juga dapat membantu meningkatkan antusiasme anak.

Selain itu, bangun aktivitas sehari-hari menjelang masuk sekolah dengan bangun pagi, dan sarapan dapat membantu mereka beradaptasi untuk kembali ke sekolah.

Dorongan sosial juga penting, misalnya mendorong anak untuk berkenalan dengan teman-teman baru dan mendaftarkan mereka ke aktivitas ekstrakurikuler yang diminati dapat membantu membangun jaringan sosial.

Pendampingan emosional dari orang tua sebagai pendengar yang baik ketika anak berbagi pengalaman hari pertama sekolah juga sangat bermanfaat.

4. Persiapan Mental Orang Tua

Selain mempersiapkan anak, orang tua juga perlu mempersiapkan diri secara mental dan logistik. Misalnya memutuskan siapa yang akan mengantar dan menjemput anak ke sekolah jika kedua orangtua bekerja.

Usahakan untuk menjaga komunikasi yang baik dengan guru dan staf sekolah guna mendapatkan informasi terbaru dan memastikan anak mendapatkan dukungan yang dibutuhkan.

Kolaborasi dan dukungan antara orang tua dalam mengurus kebutuhan sekolah anak dan memberikan dukungan emosional satu sama lain juga sangat penting untuk memastikan proses berjalan dengan lancar.

Itulah 4 hal yang perlu orang tua persiapkan sebelum anak memulai kembali aktivitas mereka usai liburan sekolah. Dengan persiapan yang matang, Anda dapat membantu anak menjalani tahun ajaran baru dengan baik.

 

Sumber : jawaban.com
Halaman :
12Tampilkan Semua

Ikuti Kami