Apa Dampak Jika Tubuh Mendapat Terlalu Banyak Protein?
Sumber: Canva.com

Health / 4 June 2024

Kalangan Sendiri

Apa Dampak Jika Tubuh Mendapat Terlalu Banyak Protein?

Aprita L Ekanaru Official Writer
744

Risiko Penyakit Serius


  • Penyakit Jantung: Diet tinggi protein hewani sering kali juga tinggi lemak jenuh, yang dapat meningkatkan kadar kolesterol dan risiko penyakit jantung.
  • Kejang: Ketidakseimbangan elektrolit akibat dehidrasi dan peningkatan ekskresi kalsium dapat menyebabkan kejang.
  • Cedera Ginjal: Ginjal harus bekerja keras untuk mengeluarkan produk sampingan metabolisme protein. Asupan protein yang terlalu tinggi dalam jangka panjang dapat menyebabkan kerusakan ginjal, terutama pada individu dengan masalah ginjal yang sudah ada.
  • Hati: Beban tambahan pada hati untuk memproses protein yang berlebihan juga dapat menyebabkan kerusakan pada organ ini, terutama pada mereka yang memiliki kondisi hati yang mendasarinya.

Meskipun penting untuk memastikan tubuh mendapatkan cukup protein, namun terlalu banyak juga bisa berdampak negatif. Penting untuk menjaga keseimbangan dalam diet dan mendengarkan kebutuhan tubuh Anda. Konsultasikan dengan ahli gizi atau tenaga profesional jika Anda memiliki pertanyaan mengenai asupan protein yang tepat untuk kebutuhan individu Anda. Dengan begitu, Anda dapat memastikan bahwa tubuh Anda mendapatkan manfaat optimal dari nutrisi yang Anda konsumsi tanpa risiko yang tidak perlu.

 

BACAAN TERKAIT:

Mitos atau Fakta: Daging Merah Berbahaya Bagi Kesehatan?

Masih Pagi Sudah Lelah dan Tidak Berenergi, Kok Bisa?
 

Sumber : medicalnewstoday.com
Halaman :
12Tampilkan Semua

Ikuti Kami