Harta Melimpah Tanda Berkat Tuhan? Ini Kata Alkitab
Sumber: Jawaban.com

Kata Alkitab / 1 June 2024

Kalangan Sendiri

Harta Melimpah Tanda Berkat Tuhan? Ini Kata Alkitab

Puji Astuti Official Writer
1034

Orang berlimpah harta tanda diberkati Tuhan? Pandangan bahwa harta adalah tanda berkat dan kemiskinan tanda kutuk adalah sebuah pemikiran umum yang diwariskan secara turun temurun dalam berbagai budaya.  

Namun faktanya, banyak orang mencari kekayaan dengan berbagai cara, dan bahkan kuasa gelap juga menawarkan iming-iming kekayaan, seperti mereka yang pergi ke gunung Kawi atau menggunakan perdukunan untuk keberhasilan usaha.  

Jadi, sebenarnya berkat Tuhan itu apa? Mari kita belajar Alkitab bersama.  

Arti Kata Berkat di Alkitab 

Alkitab memuat beberapa kisah tentang individu yang diberkati Tuhan dengan kekayaan materi. Misalnya, Abraham, Ishak, Yakub, dan Raja Salomo, yang semuanya digambarkan sebagai sosok yang kaya raya dan berpengaruh. 

Dalam Kejadian 24:35, hamba Abraham berkata, "TUHAN telah memberkati tuanku dengan kekayaan," menunjukkan bahwa ia melihat kekayaan Abraham sebagai berkat dari Tuhan. Namun kita perlu sadari bahwa kata “berkat” dalam Alkitab memiliki makna yang lebih luas.  

Perjanjian Lama: Berkat dalam Bahasa Ibrani 

Dalam Perjanjian Lama, kata "berkat" sering terjemahkan dari kata Ibrani "ברכה" (berakhah). Makna dasarnya adalah "menyampaikan kebaikan atau kesejahteraan". Dalam konteks Perjanjian Lama, berkat seringkali berkaitan dengan kehidupan yang sejahtera, kesehatan, kesuburan, kemakmuran, dan hubungan yang baik dengan Allah serta manusia lainnya. 

Contoh: Kejadian 12:2-3 - Di sini, Allah berbicara kepada Abraham, "Aku akan membuat engkau menjadi bangsa yang besar, Aku akan memberkati engkau dan membuat namamu besar; dan engkau akan menjadi berkat."  

Dalam konteks ini, "berkat" mengandung arti menjadi sumber kebaikan dan kesejahteraan, tidak hanya bagi Abraham tapi juga bagi bangsa-bangsa. 

Baca artikel selanjutnya >>

Sumber : Puji Astuti | Jawaban.com
Halaman :
123Tampilkan Semua

Ikuti Kami