Tak Mau Alzheimer di Usia Muda? Jauhi Makanan Laut Ini
Sumber: Canva.com

Health / 28 May 2024

Kalangan Sendiri

Tak Mau Alzheimer di Usia Muda? Jauhi Makanan Laut Ini

Aprita L Ekanaru Official Writer
527

Alzheimer merupakan penyakit neurodegeneratif yang paling umum di dunia. Penyakit ini memengaruhi fungsi otak, terutama dalam hal memori, pikiran, dan perilaku. Saat kita berbicara tentang Alzheimer, kebanyakan dari kita membayangkan penyakit yang menyerang pada usia senja. Namun, tahukah Anda bahwa Alzheimer juga bisa menyerang di usia muda?

Fenomena ini mengejutkan banyak orang, terutama karena kita biasanya mengaitkan Alzheimer dengan lansia. Tapi apa yang sebenarnya menyebabkan Alzheimer bisa muncul lebih awal? Mari kita eksplorasi lebih dalam.

Faktor Penyebab Alzheimer di Usia Muda

Menurut Dr. Elizabeth Subrata, seorang Healthy Diet and Nutrition Advisor, ada beberapa faktor yang dapat menyebabkan Alzheimer terjadi pada usia muda, salah satunya adalah akumulasi logam berat di otak. Dalam interview eksklusif via Zoom bersama Jawaban.com pada Rabu (22/05/24), Dr. Elizabeth menjelaskan, "Yang kita tahu di kedokteran, Alzheimer itu ada satu bagian di otak kita yang banyak sekali terdeposit aluminium dan logam berat lainnya. Mungkin kita bertanya, 'Ah, kapan kita makan logam berat? Memangnya kita makan gagang pintu atau gagang bangku? Kan tidak, lalu kenapa banyak deposit logam berat di situ?' Faktanya, makanan kita banyak mengandung logam berat."

Makanan yang Perlu Dihindari

Dr. Elizabeth menyoroti makanan yang dilarang dalam Imamat 11:9-12: "Inilah yang boleh kamu makan dari segala yang hidup di dalam air: segala yang bersirip dan bersisik di dalam air, di dalam lautan, dan di dalam sungai, itulah semuanya yang boleh kamu makan. Tetapi segala yang tidak bersirip atau bersisik di dalam lautan dan di dalam sungai, dari segala yang berkeriapan di dalam air dan dari segala makhluk hidup yang ada di dalam air, semuanya itu kejijikan bagimu. Sesungguhnya haruslah semuanya itu kejijikan bagimu; dagingnya janganlah kamu makan, dan bangkainya haruslah kamu jijikkan. Segala yang tidak bersirip dan tidak bersisik di dalam air, adalah kejijikan bagimu."

Ikan yang bersirip dan bersisik seperti ikan salmon, ikan kerapu, ikan kakap, dan ikan lainnya sangat baik untuk dikonsumsi. Sebaliknya, jenis ikan lain yang tidak bersirip dan bersisik seperti kerang, kepiting, lobster, dan hiu, cenderung menyerap logam berat dari air. Oleh karena itu, Dr. Elizabeth menyarankan untuk menghindari makanan laut jenis ini karena mereka berperan dalam menyerap logam berat yang dapat berbahaya bagi kesehatan otak.

 

BACA HALAMAN SELANJUTNYA >>

Sumber : Jawaban.com
Halaman :
12Tampilkan Semua

Ikuti Kami