Merdeka Belajar Bersama Super5, Wujudkan Semangat Hari Pendidikan Nasional
Sumber: CBN Indonesia

Berita CBN / 2 May 2024

Kalangan Sendiri

Merdeka Belajar Bersama Super5, Wujudkan Semangat Hari Pendidikan Nasional

Puji Astuti Official Writer
1008

Pada 2 Mei 2024, seluruh insan pendidikan di Indonesia akan merayakan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas). Peringatan ini tidak hanya sekedar memperingati hari lahir Bapak Pendidikan Nasional, Ki Hajar Dewantara, tetapi juga merefleksikan semangat pengabdiannya dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.  

Tahun ini, Hardiknas mengusung tema "Bergerak Bersama, Lanjutkan Merdeka Belajar" sebagai perwujudan komitmen seluruh bangsa Indonesia  untuk terus mentransformasi pendidikan Indonesia. 

PAUD Super5 Hadirkan Merdeka Belajar Hingga di Pelosok Daerah 

Kurikulum “Merdeka Belajar yang dicanangkan pada 23 Oktober 2019, oleh Mendikbudristek Nadiem Anwar Makarim  untuk mendobrak keterbatasan dalam sistem pendidikan nasional. Merdeka Belajar menekankan pada kemandirian belajar peserta didik, dengan mendorong mereka untuk aktif, kreatif, dan kritis dalam proses pembelajaran. 

CBN Indonesia melalui kurikulum PAUD Super5 mewujudkan kurikulum Merdeka Belajar ini hingga ke daerah 3T di Indonesia.  

“Saya selalu bilang kepada guru-guru bahwa, ‘Dimanapun PAUD bapak ibu berada, namun bisa dipastikan jika bapak ibu menerapkan yang Super5 berikan maka kualitas pendidikan yang bapak ibu berikan tidak akan jauh berbeda dengan mereka yang berada di daerah yang lebih terjangkau.’ Misalnya seperti di perkotaan atau yang memiliki akses informasi yang lebih cepat,” demikian ungkap Aries Febriani Silitonga, Tim Kurikulum dan Trainer Guru PAUD Super5 pada Kamis, 2 Mei 2024.  

BACA JUGA: 

Seperti Inilah Perjalanan PAUD Gratia dalam Membentuk PAUD di Sebetuk, Kalimantan Barat

Menjadi Penggerak PAUD di Daerahnya, David Tetap Teguh dalam Hadapi Tantangan

Keuntungan Menerapkan Merdeka Belajar

Menurut Aries ada berbagai keuntungan bagi guru dan murid PAUD ketika menerapkan Merdeka Belajar yang ada di kurikulum PAUD Super5 ini, diantaranya adalah :  

  • Anak-anak menjadi lebih senang belajar karena akan punya pengalaman belajar yang sangat bermakna dan menyenangkan.  
  • Dan tujuan akhirnya adalah si anak akan menjadi pembelajar sepanjang hayat atau long life learning.  
  • Guru juga akan senang, karena lebih bebas dalam mengeksplorasi metode pengajaran yang sesuai dengan kebutuhan siswa. 
  • Sekolah memiliki otonomi dalam mengelola kurikulum dan kegiatan belajar-mengajar. 

Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) memegang peranan penting dalam mewujudkan visi Merdeka Belajar. Pada usia dini, anak-anak membutuhkan lingkungan belajar yang kondusif untuk mengeksplorasi minat dan bakatnya secara bebas. Kurikulum PAUD yang menerapkan prinsip Merdeka Belajar, seperti yang dilakukan oleh PAUD Super5, membantu anak-anak mengembangkan keterampilan berpikir kritis, kreativitas, dan kemandirian sejak dini. 

Tim Super5 Mendampingi dan Memperlengkapi Guru-guru PAUD

Sekalipun banyak guru masih banyak mengalami kendala dalam menerapkan Merdeka Belajar ini, namun mereka tidak sendiri karena tim Super5 mendampingi, menyemangati dan memberikan berbagai pelatihan agar mereka yang baru memulai PAUD dapat berhasil menerapkan kurikulum Merdeka Belajar ini.  

Semangat terus untuk bapak dan ibu guru PAUD Super5, karena apa yang Anda kerjakan saat ini adalah sedang mempersiapkan generasi anak untuk bertumbuh dengan nilai-nilai  yang benar, berbudi luhur dan juga cerdas.  

Apakah Anda tertarik untuk mengenal lebih dekat kurikulum PAUD Super5? Mari hubungi kami dengan KLIK DISINI.

Sumber : Puji Astuti | Jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami