Tahukah Anda, Kurangnya Sentuhan dan Kasih Sayang Pada anak Menghambat Pertumbuhan Anak?
Sumber: canva.com

Parenting / 23 April 2024

Kalangan Sendiri

Tahukah Anda, Kurangnya Sentuhan dan Kasih Sayang Pada anak Menghambat Pertumbuhan Anak?

Claudia Jessica Official Writer
553

Kurangnya sentuhan dan kasih sayang pada anak dapat menghambat pertumbuhan anak. Sebuah studi menunjukkan bahwa sentuhan fisik dari orang tua dapat membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh bayi. 

Dalam studi tersebut, bayi yang menerima pijatan secara teratur memiliki kadar sel darah putih yang lebih tinggi, yang menunjukkan sistem kekebalan tubuh yang lebih kuat. 

Sentuhan dan kasih sayang bukanlah sekadar gestur, melainkan fondasi yang penting dalam pertumbuhan anak. Mari pahami peran penting sentuhan dan kasih sayang sebagai langkah awal untuk mengasuh anak dengan baik.

Peran Sentuhan dan Kasih Sayang

Sentuhan dan kasih sayang memiliki peran yang tak tergantikan dalam perkembangan anak. Melalui sentuhan lembut, orang tua memberikan bukan hanya rasa aman, tetapi juga membangun ikatan emosional yang kuat.

 

BACA JUGA: Moms Harus Tahu, Anak Bisa Punya IQ Tinggi dan Tidur Nyenyak Kalau Suka Makan Ikan

 

Ini tidak hanya membantu perkembangan fisik dan psikologis anak, tetapi juga mendukung perkembangan sosial mereka. Sentuhan yang diberikan dengan penuh kasih sayang membantu mengurangi stres, meningkatkan kekebalan tubuh, dan membentuk dasar untuk keterampilan sosial anak.

Dampak Kurangnya Sentuhan dan Kasih Sayang

Kurangnya sentuhan dan kasih sayang pada anak dapat memiliki dampak yang merugikan. Anak-anak yang tidak mendapatkan sentuhan fisik yang cukup cenderung merasa tidak dihargai dan tidak aman emosionalnya.

Ini dapat menghambat perkembangan sosial dan meningkatkan tingkat kecemasan serta depresi pada anak. Bahkan dalam jangka panjang, hal ini dapat berdampak negatif pada kemampuan kognitif dan bahasa anak.

Meningkatkan Sentuhan dan Kasih Sayang

Untungnya, ada langkah-langkah yang bisa diambil untuk meningkatkan sentuhan dan kasih sayang pada anak.

 

BACA JUGA: Bisakah Anak yang Mengidap Autisme Hidup Mandiri? Bagaimana Cara Orangtua Membantunya?

 

Berinteraksi secara khusus dengan anak, menggunakan bahasa yang lembut, memberikan waktu berkualitas, memberikan pujian, dan mendengarkan kebutuhan emosional anak adalah beberapa cara yang efektif.

Manfaat Sentuhan dan Kasih Sayang

Manfaat sentuhan dan kasih sayang bagi perkembangan anak tidak bisa diabaikan. Ini tidak hanya memperkuat ikatan emosional, tetapi juga membantu anak merasa nyaman dan dihargai.

Sentuhan juga memiliki dampak fisik, merangsang produksi hormon oksitosin dan meningkatkan perkembangan fisik serta kognitif anak.

Kurangnya sentuhan dan kasih sayang dapat menghambat pertumbuhan anak. Oleh karena itu, penting bagi orang tua dan caregiver untuk memberikan sentuhan dan kasih sayang yang cukup.

 

BACA JUGA: Marak Kasus Penganiayaan Anak, Bagaimana Tanggung Jawab Orangtua Kristen Terhadap Anak?

 

Ini dapat dilakukan melalui tindakan sederhana seperti pijatan ringan, mendengarkan cerita anak, atau hanya bermain bersama. Memberikan sentuhan dan kasih sayang yang cukup akan membuat fondasi yang kuat bagi pertumbuhan dan perkembangan anak.

Dengan demikian, memberikan sentuhan dan kasih sayang yang cukup pada anak bukan hanya tugas, tetapi juga tanggung jawab kita sebagai orang tua dan pembimbing mereka.

Bagikan artikel ini kenapa orangtua lainnya dan jadilah berkat bagi mereka. Tuhan memberkati.

Sumber : jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami