Para Saksi Mata Peristiwa Penyaliban Yesus
Sumber: Jawaban

Fakta Alkitab / 27 March 2024

Kalangan Sendiri

Para Saksi Mata Peristiwa Penyaliban Yesus

Puji Astuti Official Writer
1363

- Masyarakat Yahudi saat itu 

Saksi mata penyaliban lainnya adalah masyarakat Yahudi yang menuntut untuk menyalibkan Yesus saat itu. Alkitab mencatat: 

Dan seluruh rakyat itu menjawab: "Biarlah darah-Nya ditanggungkan atas kami dan atas anak-anak kami!" (Matius 27:25) 

Bisa Anda bayangkan, banyaknya rakyat saat itu? Mereka yang menuntut kematian Yesus, pasti mereka juga ingin menyaksikan Yesus disalibkan dengan mata kepala mereka sendiri. Jadi bisa dipastikan saat Yesus menuju Bukit Golgota ada kerumunan orang banyak yang mengiringi Dia.  

Jadi tidak heran bahkan saat Yesus disalibkan, masih ada banyak orang yang mengolok-olok Dia (Matius 27:39-40). 

- Imam-imam Kepala, Ahli-ahli Taurat dan Tua-tua Yahudi 

Ada tiga kelompok  yang aktif dalam peristiwa penyaliban Yesus Kristus, merekalah yang merancang skenario, melakukan penangkapan hingga menyeret Yesus ke pengadilan. Tiga kelompok orang itu adalah Imam-imam Kepala, Ahli-ahli Taurat dan para tua-tua Yahudi. Mereka menyaksikan secara langsung hingga Yesus tergantung di kayu salib dan mengolok-olok Dia (Matius 26: 3-4; 26:47; 26:57; 27:1-2; 27:41-43). 

- Simon Dari Kirene 

Bagi Simon sendiri mungkin terkejut ketika ia tiba-tiba ditarik oleh prajurit untuk membantu Yesus memikul salibnya ketika ia baru saja masuk ke dalam kota (Matius 27:32;Lukas 23:26).  

Menurut Markus 15:21, Simon adalah ayah dari Aleksander dan Rufus yang menurut tradisi gereja mula-mula mereka adalah murid Tuhan Yesus. Jadi dengan fakta ini, maka sosok Yesus bagi Simon tidak asing lagi dan ia mendapatkan kehormatan untuk mengiringi Dia di jalan penderitaan menuju salib.  

- Murid-murid Yesus 

Setelah dari Taman Getsemani ketika Yesus di tangkap, para murid-murid-Nya langsung tercerai berai. Bahkan Petrus yang sebelumnya dengan berani mengangkat pedang saat penangkapan itu, hanya bisa melihat dari jauh ketika Yesus di mahkamah agama dan menyangkal tiga kali saat dikonfrontasi bahwa dia adalah pengikut Yesus (Matius 26:69-75).  

Yang lainnya kemana? Mereka mungkin hanya bisa melihat dari kejauhan dan sembunyi-sembunyi. Hanya Yohanes yang dicatat Alkitab mendampingi Maria Ibu Yesus dan perempuan-perempuan pengikut Yesus di Golgota (Yohanes 19:26-27).  

Dua Penyamun  

Saat Yesus disalibkan, ada dua penyamun yang disalibkan di kiri dan kanannya. Di dalam Matius 27:44 dinyatakan bahwa mereka ikut mengolok-olok Yesus, namun di Lukas 23:40-43 mengungkapkan bahwa salah satunya membela-Nya dan meminta Yesus mengingat dirinya. Penyamun itu bahkan mendapatkan janji dari Tuhan Yesus bahwa ia akan bersama-sama dengan Tuhan Yesus di Firdaus.  

Siapa 2 kelompok saksi terakhir? Baca selanjutnya >>

Sumber : Puji Astuti | Jawaban.com
Halaman :
123Tampilkan Semua

Ikuti Kami