Anak Merasa Dipilih Kasih dengan Saudaranya, Orang Tua Harus Gimana?
Sumber: Google

Parenting / 28 February 2024

Kalangan Sendiri

Anak Merasa Dipilih Kasih dengan Saudaranya, Orang Tua Harus Gimana?

Aprita L Ekanaru Official Writer
427

Sebagai orang tua, kita ingin semua anak merasa dicintai dan dihargai sama rata. Namun, kenyataan tidak selalu demikian. Kadang-kadang, anak-anak dapat merasakan bahwa orang tua mereka pilih kasih, dan ini dapat menyebabkan kecemburuan, kemarahan, dan kesedihan.

Lalu apa yang dapat kita lakukan sebagai orang tua dalam menyikapi hal tersebut? Kita harus mengambil langkah-langkah yang tepat untuk membantu mereka mengatasi rasa cemburu dan iri hati terhadap saudaranya dengan cara:

1. Dengarkan dengan penuh perhatian

Langkah pertama adalah mendengarkan anak Anda dengan penuh perhatian ketika mereka mengungkapkan perasaan mereka. Biarkan mereka tahu bahwa Anda mendengar dan memahami apa yang mereka rasakan. Hindari menyela atau mencoba untuk "memperbaiki" masalah mereka.

2. Validasi perasaan mereka

Penting untuk memvalidasi perasaan anak Anda, bahkan jika Anda tidak setuju dengan mereka. Biarkan mereka tahu bahwa perasaan mereka valid dan bahwa mereka tidak salah karena merasa cemburu atau marah.

3. Jelaskan bahwa Anda mencintai semua anak Anda sama rata

Yakinlah kepada anak Anda bahwa Anda mencintai mereka semua sama rata. Jelaskan bahwa setiap anak berbeda dan memiliki kebutuhan yang berbeda.

4. Hindari membandingkan anak-anak Anda

Membandingkan anak-anak Anda hanya akan memperburuk keadaan. Setiap anak adalah individu yang unik dengan kekuatan dan kelemahannya sendiri. Mazmur 139:13-16 dapat mengingatkan bahwa bahwa setiap anak adalah ciptaan Allah yang unik dan istimewa.

5. Luangkan waktu berkualitas dengan setiap anak

Penting untuk meluangkan waktu berkualitas dengan setiap anak secara individual. Ini akan membantu mereka merasa dicintai dan dihargai.

6. Adil dalam disiplin

Penting untuk adil dalam disiplin Anda terhadap anak-anak Anda. Hindari mendisplinkan satu anak lebih keras daripada yang lain untuk pelanggaran yang sama. Dalam Efesus 6:4, dikatakan bahwa para orang tua dapat mendisiplinkan anak-anak mereka dengan kasih dan pengertian.

7. Ajarkan anak-anak Anda untuk saling menghormati

Ajarkan anak-anak Anda untuk saling menghormati, bahkan jika mereka tidak selalu akur.

Jika saat ini Anda kesulitan mengatasi masalah ini, atau mungkin Anda memiliki pertanyaan seputar parenting dan membutuhkan penguatan doa, mari hubungi kami di Layanan Doa dan Konseling CBN dengan KLIK DISINI. Kami dengan senang hati membantu Anda.

Sumber : Jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami