7 Hal Ini Bisa Selamatkan Anak Remajamu Dari Pergaulan Buruk
Sumber: Canva

Parenting / 27 January 2024

Kalangan Sendiri

7 Hal Ini Bisa Selamatkan Anak Remajamu Dari Pergaulan Buruk

Puji Astuti Official Writer
1032

Dalam Efesus 6:4, Alkitab mengingatkan orangtua terutama para ayah untuk mendidik anak-anak mereka dalam ajaran Tuhan. Ini berarti mengajarkan anak-anak tentang prinsip-prinsip kebenaran Firman Tuhan, yang akan membimbing mereka dalam mengambil keputusan di kehidupan mereka maupun dalam pergaulan sehari-hari. 

Masa remaja adalah masa di mana anak-anak mulai menemukan identitas mereka dan bereksperimen dengan berbagai peran sosial. Jika mereka tidak memiliki bekal nilai-nilai yang kuat di dalam hidup mereka, maka anak-anak remaja tersebut akan mudah sekali dipengaruhi dan bahkan masuk ke pergaulan negatif.  

Dengan membimbing anak-anak dengan kasih dan menggunakan Alkitab sebagai panduan, orangtua dapat membantu mereka menghindari pergaulan yang negatif yang dapat membahayakan iman dan karakter mereka. Dalam 1 Korintus 15:33, Alkitab mengingatkan kita bahwa " Janganlah kamu sesat: Pergaulan yang buruk merusakkan kebiasaan yang baik. " Orangtua memiliki peran penting dalam membimbing dan mengarahkan anak-anak untuk memilih pergaulan yang positif dan memperkuat iman mereka. Bagaimana caranya?

7 Hal Ini dapat Menyelamatkan Anak Remajamu dari Pergaulan Buruk 

1. Komunikasi Terbuka. 

Orangtua perlu membangun komunikasi yang baik dengan anak remaja mereka. Anakmu sudah tidak di masa dimana orangtua bisa memberitahu dan memerintah mereka, saat ini mereka merasa sudah besar dan memiliki pendapatnya sendiri. Untuk itu penting bagi orangtua membuat mereka merasa nyaman untuk berbicara tentang apapun, jadilah teman atau sahabat mereka, sehingga mereka bisa terbuka, termasuk mengenail masalah yang mereka hadapi atau pertanyaan yang mereka miliki. 

2. Batas-batas yang Jelas. 

Menetapkan batasan-batasan yang jelas dan akibatnya jika mereka melanggar batasan atau aturan tersebut. Anak remaja perlu tahu apa yang diperbolehkan dan tidak diperbolehkan dalam hal pergaulannya, serta konsekuensi dari melanggar aturan tersebut. 

3. Memberikan Pendidikan Seks yang Sehat. 

Penting untuk memberikan pendidikan seks yang komprehensif kepada anak sejak dini. Mereka perlu memahami pentingnya kesehatan seksual, penggunaan kontrasepsi, kapan seks diperbolehkan dan risiko-risiko yang terkait dengan perilaku seksual tidak aman.

BACA JUGA:
Praktekkan 9 Cara Ini untuk Hadapi Anak Remaja Anda yang Sedang Marah

Dari Anak Berandalan Menjadi Pelayan Tuhan: Kisah Pertobatan Ricky 

4. Menjadi Teladan yang Baik. 

Orangtua harus menjadi contoh yang baik bagi anak-anak mereka. Sikap dan perilaku orangtua dapat memengaruhi pola pikir dan tindakan anak dalam pergaulan sehari-hari. Sekalipun Anda mengajarkan kepada mereka setiap hari, tapi Anda tidak pernah melakukannya, maka anak-anak Anda tidak akan mengikuti ajaran tersebut.  

5. Mengajarkan Keterampilan Sosial. 

Mengajarkan anak-anak keterampilan sosial yang baik, termasuk cara berkomunikasi dengan baik, cara menyelesaikan konflik dengan damai, dan bagaimana membangun hubungan yang sehat dengan orang lain. 

6. Pemantauan Aktivitas Online.

Dalam era digital ini, penting untuk memantau aktivitas online anak-anak. Orangtua perlu memastikan bahwa anak-anak mereka menggunakan media sosial dan internet secara bertanggung jawab. Selain itu waspadai juga kejahatan online yang mungkin terjadi, seperti penipuan hingga online bullying. 

7. Mengenali Tanda-tanda Bahaya. 

Orangtua perlu memahami tanda-tanda potensial dari pergaulan yang salah, termasuk perubahan perilaku, penurunan dalam prestasi sekolah, penggunaan obat-obatan terlarang, dan perubahan dalam lingkungan pertemanan. 

Dengan memahami dan mengimplementasikan hal-hal ini, orangtua dapat membantu anak-anak mereka menjalani masa remaja dengan lebih aman dan sehat secara kerohanian, emosional, fisik, dan sosial.  

Mari kita jaga buah hati kita di dunia yang bergerak dengan cepat dan pengaruh digital yang kuat. Bahkan ketika mereka di dalam kamar, tidak membatasi pergaulan atau kehidupan sosial mereka. Selain melakukan 7 hal di atas, yang terpenting yang bisa dilakukan oleh orangtua adalah berdoa bagi anak-anak Anda. Kemampuan kita sebagai orangtua terbatas, namun Tuhan yang juga mengasihi mereka memiliki kuasa yang tak terbatas. Tuhan Yesus memberkati.  

Apakah Anda sedang menghadapi permasalahan dengan anak Anda dan tidak tahu harus melakukan apa? Jika Anda butuh dukungan dan jalan keluar, mari hubungi kami di Layanan Doa dan Konseling CBN dengan KLIK DISINI. Kami selalu ada kapanpun Anda membutuhkan. 

Sumber : Puji Astuti | Jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami