Momen Natal, Mengapa Kita Jadi Rindu Keluarga dan Orang Terkasih?
Sumber: Canva

Marriage / 23 December 2023

Kalangan Sendiri

Momen Natal, Mengapa Kita Jadi Rindu Keluarga dan Orang Terkasih?

Puji Astuti Official Writer
570

Mulai dari lagu Natal, pernak-pernik Natal dan bahkan kue Natal dapat membuat kita merindukan keluarga dan orang-orang tercinta. Terlebih untuk mereka yang hidup di perantauan dan jauh dari keluarga, kita pasti rindu untuk pulang kampung dan berkumpul bersama keluarga besar.  

Mengapa momen Natal membuat kita rindu keluarga dan orang terkasih? 

Dalam sebuah survei di Inggris, 40 persen responden percaya bahwa Natal adalah momen paling membahagiakan di sepanjang tahun. Namun sebagian besar, atau 60 persen diantaranya malah menyatakan sebaliknya, mereka merasa sedih, depresi dan merindukan keluarga dan orang-orang terkasih. Terlebih setelah pandemi Covid19 pada dua tahun lalu, banyak orang kehilangan keluarga, pasangan dan sahabatnya. Ada banyak kenangan manis ataupun menyedihkan ketika diingatkan pada Natal.  

Bombardir promosi media yang mengaitkan Natal dengan suasana hangat keluarga 

Salah satu penyebab utama adalah Natal selalu dikaitkan dengan tradisi kebersamaan keluarga. Hal inilah yang ditampilkan dalam film-film Natal, iklan dan bahkan lagu-lagu. Semua itu diputar berulang-ulang, yang membangkitkan kerinduan kita akan kehadiran keluarga dan orang-orang terkasih.  

Membandingkan diri dengan postingan di media sosial 

Media sosial saat ini menjadi salah satu pemicu utama rasa iri hati seseorang. Ketika kita melihat foto-foto dan video kebersamaan keluarga orang lain, mau tidak mau kita membandingkan dengan kondisi diri kita.  

Atau tidak usah dengan orang lain, sosial media secara otomatis akan memposting ulang foto-foto dan video kenangan kita beberapa tahun sebelumnya. Hal ini akan mengingatkan kita pada kenangan dan peristiwa yang telah lewat. Terkadang, orang-orang yang dalam album tersebut jauh dari kita atau bahkan sudah dipanggil Tuhan.  

Baca Juga : 

Malam Natal, Perlukah Umat Kristen Merayakannya?

Makanan Sehat Natal Khas Indonesia! Ada Menu Favoritmu?

Saat Anak Bertanya, Santa Itu Orang Kristen Atau Bukan?

Namun jangan biarkan diri Anda tenggelam dalam rasa sedih dan depresi karena tidak bisa berkumpul dengan keluarga yang terkasih. Sebaliknya, jadikan Natal tahun ini menjadi sebuah titik balik untuk bangkit dan menikmatinya dengan rasa syukur kepada Tuhan.

Ada 4 hal yang bisa Anda lakukan untuk menikmati Natal saat jauh dari keluarga:  

1.Doa sebagai Penyembuh Rindu 

Doa adalah sarana yang kuat untuk mengatasi rindu. Ajukan kepada Tuhan keluh kesah dan kerinduanmu, minta kepada-Nya untuk memberikan ketenangan dan kekuatan. Berbicaralah dengan Tuhan seperti berbicara dengan sahabat yang penuh kasih. 

Jika anggota keluarga Anda jauh dan Anda tidak bisa berkumpul di Natal tahun ini, berdoalah bagi mereka dan ucapkanlah syukur atas keberadaan mereka. Berkatilah mereka melalui doa-doa Anda, kiranya Natal kali ini dipenuhi dengan damai sejahtera dan sukacita.  

2. Rayakan Natal bersama keluarga secara virtual 

Meskipun berjauhan, teknologi memungkinkan kita untuk tetap terhubung dengan keluarga melalui panggilan video atau pesan teks. Manfaatkan teknologi ini untuk merayakan Natal bersama meskipun berada di tempat yang berjauhan. 

3. Untuk keluarga yang sudah dipanggil Tuhan, ucapkan syukur atas kenangan indah yang mereka tinggalkan 

Kematian hanyalah perpisahan sementara, karena mereka mendahului kita untuk pulang ke rumah Bapa di Sorga. Anda tidak perlu bersedih, karena mereka di sana berada dalam sukacita yang tidak bisa kita bayangkan. Jadi, mengucapsyukurlah kepada Tuhan atas waktu yang pernah Anda lewati bersama mereka. Syukurilah kenangan dan warisan abadi yang telah Anda terima lewat hidup mereka. Bagaimana lewat kehadiran mereka, Anda bisa mengenal nilai-nilai kebenaran dan sosok Tuhan.  

4. Rayakan Natal Bersama Komunitas Lokal

Temukan komunitas lokal atau gereja dimana Anda bisa merayakan Natal bersama. Bergabung dengan mereka, dan jadikan Natal ini menjadi sebuah jembatan untuk membangun hubungan yang lebih baik dengan komunitas yang baru.  

Nikmati liburan Natal tahun 2023 ini dengan tetap berfokus kepada Kristus  dan kebaikan-Nya yang tidak pernah habis dalam kehidupan Anda. Tuhan tidak pernah meninggalkan Anda, apapun yang terjadi sepanjang tahun ini dan bahkan tahun-tahun ke depan, Tuhan selalu bersama dengan Anda. Anda tidak pernah sendirian.  

Sekalipun ayahku dan ibuku meninggalkan aku, namun TUHAN menyambut aku. Mazmur 27:10 

Namun jika Anda merasa sedih dan rindu untuk di doakan, Anda bisa menghubungi Layanan Doa dan Konseling CBN kapanpun Anda membutuhkan dengan KLIK DISINI. Kami rindu berdoa dan menguatkan Anda. Selamat hari Natal, Tuhan Yesus memberkati.  

Sumber : Puji Astuti / Jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami