Dukungan Guru di PAUD Ini Membantu Anugrah Mengatasi Cadel atau Lidah Pendek
Sumber: jawaban.com

Family / 15 December 2023

Kalangan Sendiri

Dukungan Guru di PAUD Ini Membantu Anugrah Mengatasi Cadel atau Lidah Pendek

Lidya Dwi Apriliani Official Writer
1147

Anugrah Sabbathino Sianipar, siswa berusia lima tahun dari PAUD Alfacenter, Kota Pontianak,yang memiliki potensi di balik keunikan yang ia punya. Ketika pertama kali masuk sekolah, ia seperti anak-anak kecil pada umumnya yang pendiam dan sulit bergaul. Namun setelah hari semakin berjalan, tidak ada perubahan dari Anugrah. Ia tetap menjadi anak yang pendiam dan tidak mau berbaur dengan teman sebayanya. Ternyata di balik sifat diam Anugrah, ada keunikan yang dimiliki Anugrah yaitu Tongue Tie (lidah pendek) atau biasa kita kenal dengan sebutan "Cadel". 

Hal ini terlihat saat guru menyadari Anugrah tidak mampu menyebutkan huruf R, L, G, dan D. Mempunyai lidah yang pendek membuat Anugrah sangat kesulitan dalam proses belajar dan berkomunikasi dengan guru. Setiap menjawab pertanyaan, guru dan temannya sangat sulit mencerna kalimat yang ia sampaikan, bahkan saat teman sekelasnya menghafalkan Super Ayat, Anugrah memilih untuk berdiam diri. Guru-guru menyimpulkan kondisi lidahnya yang pendek ini yang membuat ia jadi pribadi yang lebih pendiam dari teman-teman lainnya. 

BACA JUGA : Tranformasi Siswi PAUD Super5 dalam Mengenali Identitas Gender.

Kendala komunikasi yang tidak lancar dengan Anugrah membuat guru-guru yang mengajar mengambil langkah untuk menstimulasi rasa percaya diri Anugrah meskipun kondisinya berbeda dari teman-temannya. Guru-guru di kelas selalu menunjuk Anugrah untuk menjawab beberapa pertanyaan selam kegiatan belajar mengajar berlangsung, seperti saat meteri tentang mengenal anggota tubuh, bagian² tanaman, dan materi lainnya. 

Sumber : jawaban.com
Halaman :
12Tampilkan Semua

Ikuti Kami