Fakta Alkitab : Penemuan Sisa Reruntuhan Tembok Yerikho
Sumber: Youtube Channel Jawaban

Fakta Alkitab / 23 August 2023

Kalangan Sendiri

Fakta Alkitab : Penemuan Sisa Reruntuhan Tembok Yerikho

Bella Tiurma Official Writer
2527

Yerikho saat Zaman Raja Daud 

Pada zaman raja Daud, masih ada sebuah pemukiman yang terdapat di Yerikho. Namun, baru pada masa pemerintahan Ahab, Yerikho benar-benar dibangun kembali oleh Hiel orang Betel. 

Sebuah kutukan yang mengandung nubuat dan diucapkan oleh Yosua lebih dari 500 tahun sebelumnya telah digenapi pada waktu itu karena Hiel telah kehilangan Abiram putra sulungnya sewaktu ia meletakkan fondasi kota. Serta ia kehilangan Segub putra bungsunya ketika ia memasang pintu-pintunya. Selama masa itu, ada beberapa orang dari kelompok para nabi berdiam di Yerikho. 

Setelah Tuhan mengambil Nabi Elia dalam suatu badai, Elisa tinggal di Yerikho selama beberapa waktu dan membuat persediaan air di kota tersebut menjadi sehat. Air Ain es-Sultan, menurut kisah turun-temurun sumber air yang disembuhkan oleh Elisa konon rasanya manis dan segar. Serta air tersebut digunakan untuk mengairi kebun-kebun Yerikho modern. 

Jatuhnya Yerusalem pada tahun 607 SM, Raja Zedekia melarikan diri ke arah Yerikho. Tetapi ia disusul dan ditangkap oleh orang-orang Babilonia di padang gurun Yerikho. 

Kondisi Yerikho Setelah Pembuangan Babilonia 

Setelah terbebas dari pembuangan dari Babilonia, sebanyak 345 putra Yerikho, termasuk diantara orang-orang yang kembali bersama Zeru Babel pada tahun 537 SM tampaknya mereka menetap di Yerikho. Beberapa waktu belakangan, beberapa orang Yerikho membantu membangun kembali tembok Yerusalem. 

Dalam Perjanjian Baru, menjelang akhir tahun 32 dan permulaan tahun 33 masehi, Yerikho disebutkan dala catatan tentang pelayanan Yesus. Dimana Yesus sang Juruselamat pernah lewat di kota ini pada kunjungan terakhirnya ke Yerusalem untuk menyembuhkan dan memulihkan penglihatan Bartimeus dan temannya yang buta.

Yerikho merupakan kota yang ditawarkan oleh iblis kepada Yesus saat Dia sedang berpuasa selama 40 hari. Di Yerikho, Yesus juga bertemu dengan Zakheus dan setelah itu bertamu ke rumahnya. Sebelumnya di Yudea, ketika Dia memberikan perumpamaan tentang orang Samaria yang baik hati, Yesus menyinggung tentang perjalananNya dari Yerusalem ke Yerikho (Lukas 10 : 30). Berdasarkan bukti sejarah kuno tentang perjalanan ini adalah tempat yang rawan perampok. 

Apakah Para Arkeolog Menemukan Bukti Pembinasaan Yerikho pada Zaman Yosua? Saksikan selengkapnya di Youtube Channel Jawaban.

Sumber : Youtube Channel Jawaban
Halaman :
123Tampilkan Semua

Ikuti Kami