Fakta Alkitab : Penemuan Sisa Reruntuhan Tembok Yerikho
Sumber: Youtube Channel Jawaban

Fakta Alkitab / 23 August 2023

Kalangan Sendiri

Fakta Alkitab : Penemuan Sisa Reruntuhan Tembok Yerikho

Bella Tiurma Official Writer
2051

Peristiwa robohnya Kota Yerikho disebabkan karena dikelilingi oleh bangsa Israel. Tapi apakah Anda tahu letak kota Yerikho saat ini? Lalu bagaimana dengan Yerikho kedua? 

Sejarah Kota Yerikho 

Yerikho yang dalam bahasa Inggris disebut sebagai Jericho; bahasa Arab : Ariha; bahasa Ibrani : Yeriho merupakan sebuah kota yang terletak di tepi barat Governorat Yerikho dekat dengan sungai Yordan. 

Saat ini kota Yerikho memiliki populasi sebesar 25.000 orang Palestina dan Israel. Bahkan Yerikho dipercaya sebegai kota tertua di dunia, sehingga para arkeolog telah menggali puing-puing lebih dari 20 reruntuhan secara berurutan di Yerikho. 

Desa pertama di Yerikho yang ditemukan oleh arkeolog telah berusia 200 tahun lebih tua jika dibandingkan dengan daerah lainnya. Dimana terdapat tiga pemukiman yang berbeda yang berada tak jauh dari lokasi tersebut dan telah berdiri selama lebih dari 11.000 tahun, sekitar tahun 9000 SM hampir pada permulaan era Helocene dalam sejarah dunia. Posisi tersebut terdapat di sekitar rute utara dari Laut Mati. 

Yerikho sendiri digambarkan dalam Alkitab Ibrani sebagai ‘Kota Pohon Palem’. Bahkan dengan adanya sumber air yang ada di dalam dan sekitar kota ini membuat banyak orang yang tertarik untuk menempatinya selama ribuan tahun. 

Nama Yerikho dalam bahasa Ibrani yaitu Yeriho, diyakini menjadi kata turunan dari bahasa Kanaan Reah (wangi-wangian). Meskipun adanya teori alternatif bahwa kata itu diturunkan dari kata yang memiliki arti ‘bulan’ yaitu Yareah. Karena kota tersebut merupakan pusat penyembahan mula-mula dewa-dewa bulan. 

Nama Yerikho dalam bahasa Arab yaitu Ariha, memiliki arti wangi-wangian dan diturunkan dari kata Kanaan yang sama yaitu Reah dengan makna yang sama dalam bahasa Ibrani. 

Yerikho merupakan kota Kanaan atau tanah perjanjian pertama yang berada di sebelah barat Sungai Yordan yang harus ditaklukkan oleh orang Israel. Kota ini dianggap sama dengan Tell es - Sultan (Tel Yeriho) yang diperkirakan 22 km di sebelah timur laut Yerusalem. 

Tulul Abu el – Alayiq yang letaknya berdekaran dianggap sebagai lokasi Yerikho pada abad pertama. Karena terletak di lembah Yordan kira-kira 250 m di bawah permukaan laut, Yerikho memiliki iklim sub tropis. 

Sumber : Youtube Channel Jawaban
Halaman :
123Tampilkan Semua

Ikuti Kami