Menikah di Usia Tua?! Simak Nilai Plus dan Minus Bagi Kedua Pasangan
Sumber: parapuan.co

Relationship / 2 August 2023

Kalangan Sendiri

Menikah di Usia Tua?! Simak Nilai Plus dan Minus Bagi Kedua Pasangan

Bella Tiurma Official Writer
1748

Tidak semua orang beruntung menemukan pasangan hidup mereka pada usia muda. Bahkan, beberapa orang justru menemukan cinta sejati di usia yang tak lagi muda. Meskipun mungkin dianggap sebelah mata oleh sebagian orang karena beberapa pertimbangan, seperti kesulitan memiliki keturunan, namun pernikahan di usia lanjut tidak menjadi masalah jika cinta dan kondisi yang diharapkan dapat melewatinya dengan baik. 

Menurut dr. Andri, SpKJ, seorang psikiater dari Omni Hospitals Alam Sutera, pernikahan di usia lanjut bukanlah halangan jika dilandasi oleh cinta dan komitmen yang kuat. Kebahagiaan dari pernikahan yang terjadi di usia lanjut baru-baru ini terlihat dari kisah seorang eks bos F1 Ferrari, Jean Todt, yang menikahi aktris Malaysia, Michelle Yeoh, setelah mereka bertunangan selama 19 tahun. Kisah cinta mereka terbentuk di usia yang tak muda lagi, dengan Jean Todt berusia 77 tahun dan Michelle Yeoh berusia 60 tahun. 

Kisah ini menjadi bukti bahwa cinta sejati tak mengenal batasan usia, dan pernikahan bahagia tetap dapat dijalani di usia lanjut jika cinta dan kebersamaan tetap menjadi fokus utama. Lalu apakah ada plus minus dari pernikahan di usia tua ini bagi kedua pasangan?

Nilai Plus Menikah dengan Seorang yang Berusia Tua 

1. Kehidupan yang Mapan 

Masalah umum yang sering kita jumpai oleh setiap pasangan yang sudah menikah adalah khawatir perihal masalah finansial. Namun, jika kita memutuskan menikah dengan seorang dengan usia tua, kita tidak perlu khawatir lagi karena kebanyakan dari mereka sudah memiliki hidup dan karir yang mapan dan tidak lagi mengandalkan uang orangtua. 

 

Baca Juga : Atasi Kesepian Pernikahan Tanpa Anak dengan Cara Kristen, Pejuang Garis Dua Semangat Terus

 

2. Pribadi yang Dewasa 

Pada dasarnya kedewasaan akan timbul seiring bertambahnya usia. Sehingga tak jarang memilih seorang dengan usia tua karena tidak perlu meragukan lagi bagaimana pemikirannya. Karena seseorang yang memiliki kedewasaan akan bersikap tegas dan pemikiran yang luas. Sehingga tidak akan menyukai konflik kecil atau emosi tidak jelas. 

3. Memiliki Banyak Pengalaman 

Semakin bertambahnya usia, maka semakin banyak pengalaman dalam melewati masa-masa indah hingga sulit sekalipun dari berbagai segi kehidupan, pekerjaan, dan percintaan. Sehingga menikah dengan wanita yang berusia tua bisa menjadi tempat berbagi keluh kesah tanpa takut untuk dihakimi. Karena seorang dengan usia tua akan membantu memberikan solusi terbaik untuk masalah tersebut. 

4. Pemikiran yang Realistis 

Seorang dengan usia tua cenderung memiliki pandangan yang lebih realistis karena telah melewati banyak fase kehidupan. Mereka akan menjadi pribadi yang jarang memberikan tuntutan kepada pasangannya demi menghindari konflik dalam menjalani kehidupannya.

BACA HALAMAN BERIKUTNYA->

Sumber : detik.com | hellosehat.com
Halaman :
12Tampilkan Semua

Ikuti Kami