5 Cara Berharap Kepada Kehendak Tuhan Sekalipun Tak Melihat Ada Harapan di Dunia
Sumber: unsplash

Kata Alkitab / 17 July 2023

Kalangan Sendiri

5 Cara Berharap Kepada Kehendak Tuhan Sekalipun Tak Melihat Ada Harapan di Dunia

Bella Tiurma Official Writer
3747

Sekalipun di depan kita adalah sebuah kekacauan besar, sebagai anak Allah kita memiliki sebuah pengharapan besar di dalam Tuhan dan kita bersyukur padaNya. Hal ini membuat hidup yang kita jalani akan dipenuhi dengan rasa syukur. 

Langkah yang dapat dilakukan : ketika menghadapi keadaan terpuruk dan situasi yang kacau di dalam hidup, kita dapat menaikkan pujian dan mengucap syukur atas jaminan keselamatan yang kita miliki di dalam Yesus. 

3. Berharap melalui Kasih Karunia 

Saat kita tak melihat sebuah harapan di dalam hidup, kita dapat melihat Rasul Petrus memberikan kita semangat dengan mengingatkan tentang harapan yang bukan hanya dimiliki melalui kehidupan tanpa dosa, kematian, dan kebangkitan Kristus, tetapi juga melalui dengan diberikan kasih karunia atas masa depan. 

“Sebab itu siapkanlah akal budimu, waspadalah dan letakkanlah pengharapanmu seluruhnya atas kasih karunia yang dianugerahkan kepadamu pada waktu penyataan Yesus Kristus.” 1 Petrus 1 : 13 

Harapan akan ada di dalam kita ketika pengharapan yang kita miliki tertuju secara penuh kepada kasih karunia Allah. Sehingga pikiran kita akan dibentuk seiring dengan bertumbuhnya kasih karunia dan kedekatan kita dengan Tuhan. Seperti yang tertulis dalam 2 Petrus 3 : 18 “Tetapi bertumbuhlah dalam kasih karunia dan dalam pengenalan akan Tuhan dan Juruselamat kita, Yesus Kristus. Bagi-Nya kemuliaan, sekarang dan sampai selama-lamanya.” 

Langkah yang dapat dilakukan : kita dapat mengikuti sebuah pemuridan sebagai sarana kita untuk membagikan pengharapan yang kita dapatkan di dalam Kristus dan dunia. 

 

Baca Juga : 3 Makna Roma 8 : 28 Ajarkan Kita Bahwa 'Allah Turut Bekerja Dalam Segala Sesuatu'

 

4. Berharap melalui Jangkar Jiwa 

Ketika kita menaruh harapan di dalam Tuhan, maka pengharapan yang kita miliki adalah pengharapan yang bukan begitu saja. Tetapi sebuah pengharapan pasti yang diperoleh melalui jangkar jiwa kita di dalam Tuhan yang mampu menyelamatkan kita. Hal ini tertulis dalam Ibrani 6 : 19 “Pengharapan itu adalah sauh yang kuat dan aman bagi jiwa kita, yang telah dilabuhkan sampai ke belakang tabir,”  

Langkah yang dapat dilakukan : masuk ke hadirat Tuhan untuk mendekatkan diri agar pengharapan hadir menjadi jangkar jiwa kita kepada Tuhan dan lebih pasti daripada jangkar manapun. 

5. Berharap Tanpa Ada Rasa Malu 

Melalui Roba 5, Paulus menyatakan kepada kita bahwa penderitaan akan menghasilkan ketekunan dan ketekunan akan menghasilkan karakter dan karakter akan menghasilkan harapan yang tidak akan pernah membuat kita merasakan malu. Karena harapan yang kita peroleh bukanlah suatu usaha kita sendiri, melainkan sebuah akses yang kita terima melalui iman ke dalam kasih karunia Tuhan. 

“Oleh Dia kita juga beroleh jalan masuk oleh iman kepada kasih karunia ini. Di dalam kasih karunia ini kita berdiri dan kita bermegah dalam pengharapan akan menerima kemuliaan Allah.” - Roma 5 : 2 

Iman yang kita miliki tak akan membawa kita kepada rasa malu karena kita berdiri di atas janji Tuhan. Sehingga harapan yang kita miliki bukanlah harapan dunia yang mampu memberikan rasa kecewa dan malu, tetapi kita memiliki harapan besar yang tidak dapat menghilangkan keimanan kita. Hal ini tertulis dalam Roma 5 : 5 “Dan pengharapan tidak mengecewakan, karena kasih Allah telah dicurahkan di dalam hati kita oleh Roh Kudus yang telah dikaruniakan kepada kita.”

Apakah Anda diberkati dengan artikel ini dan rindu agar orang lain ikut diberkati? Mari bersama-sama dengan kami terus menghasilkan konten-konten inspiratif dengan terus mendukung pelayanan kami dengan klik link di bawah.

 

DONASI

Halaman :
12Tampilkan Semua

Ikuti Kami