5 Cara Bikin Anak Jadi Disiplin Tanpa Harus Menyalurkan Emosi Negatif
Sumber: Envato

Parenting / 6 July 2023

Kalangan Sendiri

5 Cara Bikin Anak Jadi Disiplin Tanpa Harus Menyalurkan Emosi Negatif

Aprita L Ekanaru Official Writer
1119

Mendidik anak agar memiliki perilaku yang disiplin adalah tugas penting bagi para orang tua. Namun, tidak selamanya disiplin harus disertai dengan kemarahan atau amarah.

Ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk membantu anak menjadi disiplin tanpa harus menggunakan kekerasan atau melampiaskan emosi negatif. Berikut adalah beberapa tips yang bisa Anda terapkan:

 

BACA JUGA: Bukannya Membuat Anak Disiplin, Yang Kamu Lakukan Ini Justru Memanjakannya Lho

 

  • Menanamkan Kebiasaan Baik

Mulailah dengan mengajak anak untuk melakukan kegiatan sehari-hari yang positif, seperti membersihkan piring bekas makan atau membantu membersihkan rumah. Dengan melibatkan anak dalam tanggung jawab sehari-hari, Anda dapat mengurangi kemungkinan perilaku negatif dan membantu mereka mengembangkan kebiasaan baik.

  • Kasih Apresiasi

Memberikan apresiasi pada anak merupakan cara yang efektif untuk membentuk perilaku positif. Ketika anak melakukan sesuatu dengan baik, berikan pujian dan tunjukkan rasa bangga Anda. Hal ini akan membuat anak merasa dihargai dan termotivasi untuk terus berperilaku baik.

  • Sering Ajak Anak Ngobrol

Dengarkan keluhan atau masalah yang diungkapkan oleh anak tanpa menghakimi. Berikan waktu untuk anak bercerita dan meluapkan emosinya. Dengan mendengarkan dengan penuh perhatian, anak akan merasa dihargai dan lebih terbuka untuk berkomunikasi dengan Anda.

  • Kasih Contoh yang Baik

Sebagai orang tua, Anda adalah contoh pertama bagi anak. Jadi, perlu untuk memberikan contoh perilaku yang baik dan disiplin. Jika Anda suka berteriak, anak cenderung meniru perilaku tersebut. Oleh karena itu, penting untuk menunjukkan sikap yang tenang, sabar, dan mengendalikan emosi dalam berinteraksi dengan anak.

  • Jangan Ragu untuk Meminta Maaf

Ketika Anda melakukan kesalahan atau salah bertindak terhadap anak, jangan ragu untuk meminta maaf. Memberikan maaf dan meminta maaf adalah bagian dari disiplin positif. Dengan mengakui kesalahan Anda, Anda mengajarkan anak tentang tanggung jawab dan pentingnya menghormati perasaan orang lain.

 

BACA JUGA: 4 Cara Efektif Mendisiplinkan Anak Tanpa Membentak dan Melakukan Kekerasan Fisik

 

Disiplin positif bukan berarti memanjakan anak, tetapi lebih kepada memberikan pengertian, aturan yang jelas, dan membangun hubungan yang baik dengan anak. Dengan menggunakan pendekatan yang tepat, Anda dapat membantu anak menjadi lebih disiplin tanpa harus mengamuk atau menggunakan tindakan yang merugikan. Ingatlah untuk tetap bersikap tegas namun tidak terlalu keras dan marah kepada anak.

Sumber : @parentalk.id | Jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami