Paus Fransiskus Sambut Delegasi Para Pimpinan Gereja Ortodoks ke Vatikan
Sumber: ucanews.com

News / 5 July 2023

Kalangan Sendiri

Paus Fransiskus Sambut Delegasi Para Pimpinan Gereja Ortodoks ke Vatikan

Bella Tiurma Official Writer
1206

Pertemuan yang dilakukan antara pimpinan Gereja Ortodoks yang didelegasikan langsung kepada Patriarkat Ekumenis Ortodoks Konstantinopel bersama pimpinan Gereja Vatikan Paus Fransiskus di Roma berjalan dengan baik. Pertemuan yang berlangsung pada 30 Juni lalu ini digelar untuk dua agenda yang berbeda yaitu pembahasan tentang masalah kepedulian dua denominasi ini dalam menciptakan perdamaian dunia sekaligus rencana penyambutan pesta St. Petrus dan St. Paulus yang akan diadakan dalam waktu dekat ini.

Dalam pidatonya, Paus Fransiskus menyatakan bahwa perdamaian adalah karunia yang harus diterima oleh setiap orang, terutama oleh mereka yang beriman dan merasa dipanggil untuk terlibat menciptakan perdamaian yang dikehendaki oleh Tuhan.

 

Baca Juga : 12 Ayat Alkitab yang Bicara Tentang Perdamaian

 

Para pemimpin agama ini menilai bahwa perang yang terjadi saat ini menjadi bencana besar kemanusiaan. Sehingga perlu dilakukan upaya bersama untuk menciptakan jalan perdamaian yang adil dan stabil. Perdamaian yang diharapkan harus lahir dari hati manusia, karena salah satu hambatan utama dalam mencapai perdamaian adalah ketidakmampuan untuk melampaui kebencian yang tersembunyi di dalam diri setiap individu. Keserakahan dan egoisme dalam mengejar kepentingan pribadi, baik dalam konteks komunitas, nasional, maupun agama, merupakan hal yang perlu diubah. 

Paus Fransiskus juga menekankan perlunya mengubah sikap yang hanya mengedepankan kepentingan pribadi menjadi sikap yang meniru gaya Tuhan. Dengan demikian, umat Kristiani dan Katolik dapat tumbuh dalam persekutuan dan memberikan perubahan kepada dunia, yang mana tidak ada lagi perpecahan dan perselisihan.

"Persaudaraan antara orang-orang beriman bukanlah tentang konsesi dan kompromi, tetapi tentang kasih sayang sebagai saudara-saudara yang mengakui bahwa mereka adalah anak-anak Bapa yang terkasih dan diperkaya oleh Roh Kristus, yang mampu menempatkan keragaman mereka dalam konteks yang lebih luas," kata Paus Fransiskus.

 

Baca Juga : 5 Pokok Doa untuk Kedamaian dari Perang Rusia-Ukraina

 

Pertemuan ini menjadi panggilan untuk bersama-sama mencari cara dalam mempromosikan kebaikan dengan solidaritas serta melayani persekutuan gereja dalam skala universal.

Sumber : ucanews.com
Halaman :
1

Ikuti Kami