Ugly Truth: 6 Hal yang Jarang Dibicarakan tentang Menjadi Orang Tua Baru
Sumber: pexels.com

Parenting / 22 June 2023

Kalangan Sendiri

Ugly Truth: 6 Hal yang Jarang Dibicarakan tentang Menjadi Orang Tua Baru

Aprita L Ekanaru Official Writer
1057

Apakah Anda adalah orang tua yang baru memiliki anak pertama?

Menjadi orang tua baru adalah fase kehidupan yang penuh tantangan. Terkadang, ada hal-hal yang jarang dibicarakan atau diungkapkan tentang pengalaman menjadi orang tua. Mari kita bahas beberapa hal tersebut, di bawah ini:

 

BACA JUGA: Mengandalkan Tuhan, Felicya Angelista dan Caesar Hito tidak khawatir menjadi orang tua baru

 

1. Merasa "kehilangan" diri sendiri

Fase baru ini bisa membuat kita merasa kehilangan jati diri. Terkadang, kita merindukan masa-masa sebelum menjadi orang tua, tetapi di satu sisi kita juga merasa antusias menjalani fase baru ini. Penting untuk tetap menjaga hubungan dengan teman-teman, berbicara tentang perasaan dan pikiran kita, sehingga kita tidak merasa terjebak sendirian. Selain itu, luangkan waktu untuk diri sendiri (me time).

2. "Kok tidak ada yang memberitahu?"

Menjadi orang tua tidaklah mudah. Seringkali, kita merasa tidak tahu apa yang seharusnya dilakukan. Misalnya, ketika anak menangis terus-menerus atau menolak menyusui. Belajarlah dari berbagai sumber, seperti buku, cerita dari teman, atau melalui konsultasi dengan dokter. Banyak pelajaran juga didapatkan melalui pengalaman pribadi. Ingatlah, menjadi orang tua adalah proses belajar sepanjang hidup.

3. Gampang terbawa perasaan

Ketika menjadi orang tua, kita mudah tersentuh secara emosional, marah, atau kesal. Hal ini bisa disebabkan oleh faktor hormon, kurang istirahat, atau terkejut dengan situasi yang berbeda dari harapan kita. Sadarilah kondisi diri kita, komunikasikan dengan pasangan atau keluarga, dan jangan malu untuk meminta bantuan. Kadang kita merasa tidak kompeten, misalnya, mengapa saya tidak bisa menyusui anak saya? Mengapa anak saya terus menangis? Apakah saya salah dalam menggendongnya? Terlalu banyak omongan dari sana-sini juga bisa mempengaruhi perasaan kita.

4. "Harusnya seperti ini"

Percayalah bahwa kita pasti akan selalu melakukan yang terbaik untuk anak. Namun, jangan menutup diri untuk terus belajar agar bisa menjadi orang gtua yang lebih baik.

 

BACA JUGA: 3 Kesalahan Yang Sering Dilakukan Oleh Orangtua Baru dalam Mengasuh Anak Pertama. Fatal!

 

5. "Kok aku merasa biasa saja terhadap anakku?"

Mungkin ada yang langsung jatuh cinta saat melihat anak pertama kali, tetapi ada juga yang merasa biasa saja. Ini adalah perasaan yang wajar dan tidak perlu merasa bersalah. Terimalah kondisi tersebut. Mungkin diperlukan waktu untuk beradaptasi dan membangun perasaan kasih sayang yang lebih dalam.

6. Kurang tidur di malam hari

Ya, hal ini biasanya dialami oleh kedua orang tua, terutama ibu. Bayi yang baru lahir sering terbangun karena butuh menyusu, buang air, atau ingin ditenangkan. Berbagi tugas dengan pasangan dan berusaha untuk mendapatkan istirahat meskipun dalam waktu yang terbatas.

Bagaimanapun, pengalaman menjadi orang tua akan memperkaya kehidupan kita, membuat kita belajar, dan semoga menjadi motivasi untuk menjadi orang tua yang lebih baik.

 

Didiklah anakmu, maka ia akan memberikan ketenteraman kepadamu, dan mendatangkan sukacita kepadamu.

- Amsal 29:17 -

Sumber : @parentalk.id | Jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami