Ibadah Gereja di Jerman Dipimpin oleh AI dan dihadiri Lebih dari 300 Jemaat, Kok Bisa?!
Sumber: pramborsfm.com

News / 15 June 2023

Kalangan Sendiri

Ibadah Gereja di Jerman Dipimpin oleh AI dan dihadiri Lebih dari 300 Jemaat, Kok Bisa?!

Bella Tiurma Official Writer
1532

Salah satu Gereja Protestan di Bavaria, Jerman mengadakan ibadah yang dipimpin oleh ChatGPT yang menggunakan teknologi terbaru Artificial Intellegent (AI). Bahkan ibadah ini mampu menghadirkan lebih dari 300 jemaat yang melakukan rangkaian ibadah pada umumnya selama 40 menit, seperti doa, khotbah, pemberkatan, bahkan musik yang mengiringi ibadah tersebut. 

Dalam ibadah tersebut, pemimpin ibadah berupa sebuah avatar yang menyerupai seorang laki-laki yang berperan sebagai pendeta. Penampilan avatar tersebut menggunakan wajah yang tidak memiliki ekspresi dan nada suara yang sama tanpa adanya intonasi. 

“Avatar tidak menunjukkan emosi sama sekali, tidak memiliki bahasa tubuh dan berbicara sangat cepat dan monoton sehingga sangat sulit bagi saya untuk berkonsenterasi pada apa yang mereka katakan” ujar salah satu jemaat yang mengikuti ibadah tersebut.

 

Baca Juga : 3 Tsunami yang Akan Melanda Dunia, Gereja-gereja Perlu Waspada!

 

Rangkaian ibadah yang dilakukan hampir 98% dibuat dengan bantuan teknologi AI berupa ChatGPT. Namun, tak hanya menggunakan ChatGPT saja, dalam ibadah tersebut dibantu oleh Jonas Simmerlein. Ia merupakan seorang teolog dan filsuf dari Universitas Wina. 

Berdasarkan hasil interview yang dimuat dalam The Associated Press pada hari Rabu (14/06) kemarin Jonas menyampaikan bahwa dirinya hanya sebatas pendamping, karena jika dilihat secara keseluruhan ibadah tersebut dapat berjalan dengan hanya dengan bantuan dari mesin ChatGPT. 

“Saya memang yang menyusun layanan ini, tetapi sebenarnya saya lebih suka disebut sebagai yang menemaninya. Alasannya karena menurut saya 98% hasilnya berasal dari mesin (ChatGPT),” ujarnya yang dilansir melalui The Associated Press.

 

Baca Juga : 5 Keuntungan Hadirnya Penggunaan AI dalam Sektor Keuangan

 

Tah hanya itu, saat ibadah memasuki rangkaian khotbah yang dipimpin oleh avatar dari AI, jemaat mendengarkannya dengan penuh penghayatan dan perhatian. Isi khotbah yang disampaikan terkait dengan kematian, hingga meninggalkan dosa yang telah dilakukan.

Sumber : ussfeed.com | jabarekspres.com | thejournal.ie
Halaman :
1

Ikuti Kami