Mengapa Peran Seorang Ayah Penting Bagi Kehidupan Seorang Anak?

Parenting / 6 May 2023

Kalangan Sendiri

Mengapa Peran Seorang Ayah Penting Bagi Kehidupan Seorang Anak?

Aprita L Ekanaru Official Writer
1813

Siapa saja dapat menjadi ayah dari seorang anak, tetapi menjadi seorang ayah yang baik memerlukan waktu seumur hidup. Ayah memiliki peran penting dalam kehidupan setiap anak yang tidak dapat diisi oleh orang lain. Peran ayah dapat berdampak besar pada perkembangan emosional dan sosial anak, serta membantu membentuk mereka menjadi orang yang mereka inginkan.

Seorang ayah dapat selalu menjadi support system bagi anaknya. Dia selalu berdiri seperti tiang untuk anak-anaknya, baik itu secara fisik, emosional, atau mental. Seorang anak yang ayahnya terlibat dalam hidupnya lebih mungkin untuk berprestasi dan sukses di masa depan.

 

BACA JUGA: Ini Alasan Kenapa Ayah Perlu Terlibat Dalam Pengasuhan Anak

 

Sebuah penelitian memperhatikan bahwa anak-anak yang tumbuh bersama ayah mereka 39% lebih mungkin berprestasi secara akademis, 45% lebih kecil kemungkinannya untuk gagal di kelas, dan 60% lebih kecil kemungkinannya untuk diskors atau dikeluarkan dari sekolah.

1. Ayah dan Perkembangan Emosional

Ayah, seperti halnya ibu, adalah pilar dalam perkembangan kesejahteraan emosional anak. Anak-anak bergantung pada ayah mereka untuk menetapkan peraturan dan menegakkannya. Mereka juga mengandalkan ayah mereka untuk memberikan rasa aman, baik secara fisik maupun emosional. Anak-anak ingin membuat ayah mereka bangga, dan ayah yang terlibat meningkatkan pertumbuhan dan kekuatan batin. Penelitian telah menunjukkan bahwa ketika ayah penuh kasih sayang dan suportif, itu sangat memengaruhi perkembangan kognitif dan sosial anak. Itu juga menanamkan rasa kesejahteraan dan kepercayaan diri secara keseluruhan.

2. Ayah Menetapkan Jarak untuk Hubungan dengan Orang Lain

Ayah tidak hanya memengaruhi siapa diri kita sebenarnya, tetapi juga bagaimana kita memiliki hubungan dengan orang lain saat kita bertumbuh. Cara seorang ayah memperlakukan anaknya akan mempengaruhi apa yang dia cari pada orang lain. Teman, kekasih, dan pasangan semuanya akan dipilih berdasarkan bagaimana sang anak memahami makna hubungan dengan ayahnya. Pola yang ditetapkan seorang ayah dalam hubungan dengan anak-anaknya akan menentukan bagaimana anak-anaknya berhubungan dengan orang lain.

3. Ayah dan Anak Perempuan Mereka

Anak perempuan bergantung pada ayah mereka untuk keamanan dan dukungan emosional. Seorang ayah menunjukkan kepada putrinya seperti apa hubungan yang baik dengan seorang pria. Jika seorang ayah penuh kasih dan lembut, putrinya akan mencari sifat-sifat itu pada pria ketika dia dewasa untuk mulai berkencan. Jika seorang ayah kuat dan gagah berani, dia akan berhubungan dekat dengan laki-laki yang berkarakter sama.

 

BACA JUGA: Gantikan Peran Istri, Salah Gak Sih Jadi Ayah Rumah Tangga?

 

4. Ayah dan Putranya

Tidak seperti anak perempuan, yang meniru hubungan mereka dengan orang lain berdasarkan karakter ayah mereka, anak laki-laki meniru karakter ayah mereka. Anak laki-laki akan mencari persetujuan dari ayah mereka sejak usia sangat muda. Sebagai manusia, kita tumbuh dengan meniru perilaku orang-orang di sekitar kita; begitulah cara kita belajar berfungsi di dunia. Jika seorang ayah peduli dan memperlakukan orang dengan hormat, anak laki-laki itu akan tumbuh dengan cara yang sama. Ketika seorang ayah tidak ada, anak laki-laki mencari sosok laki-laki lain untuk menetapkan "aturan" tentang bagaimana berperilaku dan bertahan hidup di dunia.

Sumber : Pediatricsoffranklin.com | Jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami