Fakta Alkitab: Barnabas Pemimpin Gereja Mula-mula yang Membantu Paulus dalam Pelayanannya
Sumber: jawaban.com

Fakta Alkitab / 7 October 2022

Kalangan Sendiri

Fakta Alkitab: Barnabas Pemimpin Gereja Mula-mula yang Membantu Paulus dalam Pelayanannya

Claudia Jessica Official Writer
9743

Ada dua versi kisah kematian Barnabas

Tradisi gereja memiliki dua versi kematian Barnabas sebagai Martir.

Pertama adalah kisah dimana Barnabas diseret dari sebuah Sinagoga oleh sekelompok orang Yahudi, disiksa secara tidak manusiawi, dan kemudian dilempari dengan batu sampai mati. Keponakannya Markus, yang saat itu menjadi saksi mata kematiannya kemudian diam-diam menguburkan tubuhnya.

Versi kedua, menurut catatan lain, Barnabas tidak mati dilempari batu, tetapi dia diikat dengan tali di lehernya, kemudian diseret ke sebuah tempat, lalu dibakar hidup-hidup.

 

Dia bukanlah penulis Kitab Barnabas yang kontroversial

Dunia kekristenan sempat digemparkan oleh kitab Barnabas atau Injil Barnabas yang menuliskan bahwa Yesus mengaku dirinya bukan Mesias dan menubuatkan Muhammad akan datang setelah dia. Penulis kitab ini bukanlah sosok Barnabas yang ditulis dalam Alkitab, para ahli menyatakan bahwa kitab Barnabas ini ditulis di abad pertengahan atau sekitar abad ke-16 dan 17.

Sekalipun dalam kitab ini dituliskan tentang pelayanan Yesus, namun banyak isi kitab Barnabas ini bertentangan dengan isi Injil yang dituliskan oleh murid-murid Yesus Kristus. Beberapa riset menyatakan bahwa kitab Barnabas ini berasal dari Italia dan dipengaruhi oleh karya sastra abad pertengahan. Para teolog sepakat bahwa kitab Barnabas adalah kitab palsu atau Injil palsu.

Sumber : jawaban channel
Halaman :
12Tampilkan Semua

Ikuti Kami