7 Cara Didik Anak Perempuan Biar Tumbuh Jadi Pribadi yang Kuat
Sumber: Orami

Parenting / 21 April 2022

Kalangan Sendiri

7 Cara Didik Anak Perempuan Biar Tumbuh Jadi Pribadi yang Kuat

Lori Official Writer
2559

5. Latih anak untuk mengutarakan pendapatnya

Membiarkan anak perempuan Anda mengutarakan pendapatnya sendiri sangat baik untuk melatih sikap kritisnya. Tidak apa-apa jika dia tidak setuju dengan pandangan atau ucapan Anda. Hal ini baik juga untuk membentuk Anda menjadi orangtua yang moderat atau tidak otoriter. 

Di tengah ketidaksepahaman ini, bantulah anak untuk membuat pilihan tentang bagaimana seharusnya mereka mengekspresikan perasaannya, khususnya bagi anak perempuan Anda yang sedikit tertutup.

 

6. Ajarkan anak bahwa berani itu bukan soal tindakan fisik

Berani tidak bisa disamakan dengan tindakan fisik dan emosional. Sebaliknya, tunjukkan bahwa berani dalam hal ini bicara tentang dorongan untuk mengambil keputusan yang sulit, melangkah untuk tujuan yang besar karena percaya bahwa kuasa Tuhan senantiasa menyertai.

 

Baca Juga: 5 Cara Biar Ayah Tetap Dekat Dengan Anak Perempuan yang Sudah Beranjak Remaja

 

7.  Latih kepemimpinannya

Anak akan menjadi percaya diri dan bisa menempatkan diri ketika di rumah dia terbiasa dilatih untuk memimpin. 

Mulailah dengan mau mendengarkan anak berbicara. Saat orang tua mau memasang telinga untuk setiap cerita dan obrolan anak, dia akan terlatih menjadi pembicara yang cakap dan bisa diandalkan. 

Menumbuhkan kepemimpinan di dalam diri anak sesederhana mendengarkan. Ketika anak sudah mulai terbiasa, saat itulah orang tua bisa mulai mendorong anak untuk berbicara di depan lebih banyak orang. Ini bisa jadi awal yang baik untuk menjadi sosok perempuan yang bisa membawa dampak bagi banyak orang.

Tanpa tuntunan dari Tuhan, semua orang tua akan gagal menerapkan setiap langkah ini. Jadi mintalah campur tangan Tuhan untuk memampukan Anda membesarkan anak-anak perempuan Anda menjadi pribadi yang kuat.

Sumber : pbs.org
Halaman :
12Tampilkan Semua

Ikuti Kami