Ayo Siapkan Dana Pendidikan Anak Sedari Dini dengan 7 Jenis Tabungan dan Investasi Ini!

Parenting / 26 March 2022

Kalangan Sendiri

Ayo Siapkan Dana Pendidikan Anak Sedari Dini dengan 7 Jenis Tabungan dan Investasi Ini!

Contasia Christie Official Writer
2244

Sebagai Parents, untuk penuhi kebutuhan keluarga diperlukan pengelolaan keuangan yang baik. Terlebih jika telah terkait juga dengan kebutuhan anak dan pendidikannya. Memang di sebagian daerah, iuran sekolah negeri yang telah di subsidi oleh pemerintah cukup meringankan untuk orang tua. Tetapi bagaimana ketika anak akan menempuh jenjang pendidikan yang lebih tinggi?

Hal menabung tidak semua orang dapat terampil mempraktikkannya. Dari sekian banyak kebutuhan untuk anak, banyak orang tua yang salah mengelola keuangan untuk satu hal berikut: pendidikan. Begitu si kecil lahir, sebagian besar orang tua sangat fokus menabung untuk kesehatan dan tumbuh kembang anak, hingga lupa menyisihkan uang untuk pendidikannya nanti.

Rata- rata kenaikan biaya pendidikan saat ini adalah 10% per tahunnya. Jadi bila anak hendak masuk sekolah bawah di usia 6 tahun, coba kalikan saja berapa kenaikannya nanti. Cukup banyak bukan? Inilah perlunya menabung sebelum anak sekolah. Malah kalau bisa, Parents mulai menabung di hari awal anak lahir. Idealnya, menabung untuk pendidikan anak besarannya 10% dari total penghasilan Anda.

Ada beberapa jenis tabungan pendidikan anak yang bisa Anda praktikkan mulai dari sekarang:

Baca juga : Ternyata Ini Lho Prinsip Marketing yang Alkitab Ajarkan! Yuk Kita Coba

 

1. Tabungan biasa di bank

Tabungan jenis ini adalah yang paling sering dipilih oleh orang tua untuk anaknya sebab prosesnya cepat dan pengelolaannya mudah. Namun sayangnya bunga yang diberikan bank tidak banyak sehingga tidak dapat membendung laju inflasi pendidikan setiap tahunnya.

 

2. Tabungan pendidikan anak

Jenis simpanan yang satu ini pada dasarnya hampir sama dengan tabungan biasa. Yang membedakan adalah biasanya tabungan pendidikan menawarkan perlindungan asuransi kepada sang pencari nafkah. Jika terjadi sesuatu pada orang tua sehingga tak dapat mencari nafkah lagi, maka biaya pendidikan anak tetap aman dan terjamin.

 

3. Asuransi pendidikan

Pada dasarnya asuransi pendidikan dan tabungan pendidikan adalah hal yang sama. Bedanya adalah asuransi diterbitkan oleh perusahaan asuransi, sedangkan tabungan pendidikan diterbitkan oleh bank. Asuransi pendidikan akan memberikan dana setiap anak memasuki jenjang baru sekolah. Kekurangannya adalah proses memiliki asuransi pendidikan lebih berbelit dibanding tabungan pendidikan. Simpanan jenis ini juga tidak bisa dicairkan setiap saat.

Baca selanjutnya --------------------------->

Sumber : Superbook Indonesia
Halaman :
12Tampilkan Semua

Ikuti Kami