Manny Pacquiao : Tuhan Kirim Duterte Selamatkan Filipina dari Narkoba

Internasional / 28 October 2016

Manny Pacquiao : Tuhan Kirim Duterte Selamatkan Filipina dari Narkoba

Lori Official Writer
3670

Mantan petinju dunia yang menjabat sebagai anggota dewan Filipina, Manny Pacquaio memberikan dukungan sepenuhnya kepada Presiden Filipina Rodrigo Duterte untuk menjalankan tugas negara yang diembannya. Pacquaio percaya Tuhanlah yang mengirim Duterte untuk menyelamatkan negara tersebut dari perang berdarah narkoba yang tengah dihadapi Filipina.

“Tuhan menempatkan dia (Presiden Rodrigo Duterte) di sana karena satu alasan, untuk suatu tujuan – untuk menertibkan masyarakat. Di masa pemerintahan sebelumnya, masyarakat tidak peduli pada hukum, pemimpin, penguasa…Yang Duterte coba lakukan adalah membiarkan rakyat tahu – dan memberikan hati dan pikiran mereka, bahwa yang Anda perlu menghargai hukum di tanah air ini,” ucap Pacquaio saat diwawancarai media Reuters, Rabu (26/10).

Dukungan ini disampaikannya menyusul kontroversi yang muncul sejak Duterte menetapkan hukuman mati kepada para pemakai narkoba di Filipina. Perang melawan narkoba ini telah direalisasikan sejak dirinya menjabat sebagai presiden Filipina. Dia juga menargetkan hukuman mati kepada jutaan pelaku narkoba dan meyakini bahwa cara ini akan menyelamatkan negara dari masalah narkoba dan masa depan generasi muda. Banyak pihak yang kemudian mengkritik tindakan Duterte, termasuk Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB), Uni Eropa dan Amerika Serikat. Mereka menilai tindakan Duterte sebagai pembantaian dan pelanggaran hak asasi manusia (HAM).

Meresponi kritikan ini, Pacquaio menyampaikan pembelaan terhadap Duterte. Menurutnya, presiden Duterte adalah sosok yang terhormat, ramah, dan bersahabat. Duterte juga sudah banyak membantu dalam perjalanan karirnya saat menjadi petinju, mulai dari menjadi sponsor dan menjadi sahabat. Dia bahkan mengaku sebelum bertobat sudah pernah mencoba segala jenis narkoba dan tindakan itu sempat menjadi penyebab renggangnya jalinan persahabatan di antara mereka. “Dia selalu memberikan kesempatan kepada orang-orang yang ingin berubah,” tegasnya.

Selain itu, Duterte juga sempat menyampaikan komitmennya untuk memberikan layanan rehabilitasi kepada setiap pecandu narkoba yang menyerahkan diri kepada polisi. Dia juga berjanji akan membangun pusat-pusat rehabilitasi yang lebih banyak di Filipina. 

Sumber : Jpost.com/ls
Halaman :
1

Ikuti Kami