Obama : Saya Akan Ke Indonesia

Nasional / 24 September 2010

Kalangan Sendiri

Obama : Saya Akan Ke Indonesia

daniel.tanamal Official Writer
2255

Presiden Amerika Serikat (AS), Barack Obama, bertekad akan mengunjungi Indonesia pada akhir tahun ini. Tekad Obama itu disampaikan saat berpidato di hadapan para anggota Sidang Tahunan Majelis Umum Perserikatan Bangsa-bangsa (PBB) di New York, Kamis, 23 September 2010.

Sebelumnya, sudah dua kali Obama membatalkan kedatangannya ke Indonesia sehingga membuat kecewa pemerintah dan banyak penggemarnya di tanah air. Pada bulan Maret, Obama membatalkan kedatangannya karena sedang mengusahakan pelolosan undang-undang kesehatan yang digagasnya.

Pembatalan kedua terjadi tiga bulan kemudian saat Obama menghadapi masalah kebocoran sumur minyak milik perusahaan Inggris, BP, di Teluk Meksiko.

Dalam pidatonya yang kedua di sidang PBB pada pekan ini, Obama mengungkapkan kunjungannya ke beberapa negara-negara di Asia pada akhir 2010. Selain Indonesia Obama juga akan mengunjungi India, Korea Selatan dan Jepang.

“(Setelah ke India) Saya akan melanjutkan ke Indonesia, negara dengan mayoritas Muslim terbanyak di dunia, yang menyatukan ribuan pulau melalui perwakilan pemerintah dan masyarakat sipil,” ujar Obama, berdasarkan naskah pidatonya yang dimuat di laman PBB.

Dia mengatakan bahwa negara-negara Asia yang akan dikunjunginya ini memberikan nafas demokrasi di negaranya masing-masing dengan caranya sendiri. Obama mengatakan sangat senang akan berkunjung ke negara-negara ini.

Hal ini juga dibenarkan oleh Menteri Luar Negeri Marty Natalegawa. Menurut Menlu, sekalipun Presiden Obama tidak secara tegas mengatakan tanggal pasti kedatangan ke Indonesia, tapi dalam pemahamannya kunjungan tersebut akan dilakukan sebelum akhir 2010. "Kunjungan Obama ke Indonesia merupakan rangkaian kunjungan ke sejumlah wilayah termasuk ke India," kata Marty.

Sekalipun rencana kunjungan Obama ke Indonesia sudah dua kali alami pembatalan, pemerintah Indonesia tetap akan menyiapkan segala ketentuan yang berlaku. Marty mengatakan, rencana kunjungan Obama tersebut menunjukkan bahwa Indonesia tetap merupakan negara penting bagi AS sehingga masih menjadi prioritas untuk dikunjungi.

Ditanya mengenai seberapa jauh keinginan dan kepastian Obama pasti akan datang ke Indonesia, Marty secara diplomatis mengatakan bahwa dirinya tidak dapat memastikan apakah rencana tersebut akan alami pembatalan lagi. "Dalam beberapa bulan ini tidak tahu apa yang akan terjadi mendatang, sehingga rencana bisa saja kembali tidak sesuai rencana. Tapi kami tetap mempersiapkan rencana kedatangannya," kata Menlu.

Kunjungan Obama ke Indonesia sudah dua kali alami pembatalan, yakni tanggal 23 Maret 2010 yang saat itu disebabkan masalah alam negeri AS soal rencana pengesahan Rancangan UU Kesehatan. Kedua adalah tanggal 13-19 Juni 2010 dalam rangkaian perjalanan ke Australia juga, disebabkan masalah krisis lingkungan di Pantai Lousiana akibat tumpahan minyak di Teluk Meksiko.

Sumber : Vivanews/dpt
Halaman :
1

Ikuti Kami