Menabung Receh Berbuah Mobil

Nasional / 29 August 2010

Kalangan Sendiri

Menabung Receh Berbuah Mobil

Lestari99 Official Writer
275855

Ungkapan menabung pangkal kaya sepertinya tepat bila ditujukan kepada pria ini karena ia berhasil membuktikannya. Seorang pria Cina berhasil membeli sebuah mobil van dengan menabung uang receh selama bertahun-tahun.

Televisi pemerintah melaporkan pria yang bernama Zhao ini membayar sebuah mobil van dengan harga 100.000 yuan (sekitar 150 juta) dengan menggunakan uang receh kertas yang dikumpulkannya selama bertahun-tahun.

Meskipun memiliki uang yang cukup, bukan hal mudah bagi Zhao menemukan dealer yang mau menerima uang receh yang dikumpulkannya. Apalagi kebanyakan uang tersebut sudah dalam kondisi lecek dan robek meskipun masih berlaku. Zhao mendapatkan uang kertas dengan nilai nominal kecil tersebut dari percetakan yang dikelolanya.

Zhao yang mencari nafkah sebagai pengusaha ini mendatangi salah satu dealer mobil di Jining, Provinsi Shandong, dengan 100.000 gepok uang receh kertas yang masing-masing gepokannya bernilai tidak lebih dari 1 yuan (sekitar Rp 1.500).

Dealer mobil tersebut terpaksa mendatangkan tenaga tambahan untuk menyelesaikan penghitungan uang yang disodorkan Zhao sebelum akhirnya mereka memutuskan Zhao telah membayar dengan harga yang disepakati.

“Bagian keuangan kami mula-mula mengerahkan tiga atau empat orang untuk menghitung uang itu, tapi ternyata tidak cukup orang,” kata Chen Ying, kasir di dealer mobil yang didatangi Zhao. “Kamipun kemudian menyertakan teman-teman dari bagian penjualan. Mereka datang pagi hari dan melakukannya sepanjang hari. Kemudian kami tambahkan satu shift kerja lagi sampai akhirnya kami selesai menghitung seluruh uang itu,” tambah Chen.

Setelah melakukan penantian yang panjang, keinginan Zhao untuk memiliki sebuah mobil van pun terwujud.

“Saya simpan uang saya sambil menunggu kalau-kalau mereka mau menerimanya, sehingga saya bisa membeli mobil. Manajer dealer ini memutuskan untuk menerima uang saya dan itu benar-benar mempermudah saya,” ujar Zhao.

Sumber : bbc
Halaman :
1

Ikuti Kami