Perlunya Anggaran Keuangan Yang Baik

Investment / 25 September 2009

Kalangan Sendiri

Perlunya Anggaran Keuangan Yang Baik

agnes.faith Official Writer
3211

Sifat alami manusia adalah keinginan dalam hati mereka. Keinginan-keinginan ini selalu lebih besar daripada kemampuan keuangan mereka. Akibatnya, tidak semua keinginan tersebut bisa mereka penuhi dalam suatu waktu tertentu. Ada beberapa keinginan yang biasanya lebih menonjol dan memerlukan pemuasan dengan lebih segera dibandingkan dengan keinginan-keinginan lain. Oleh karena itu, kesuksesan dalam kehidupan seseorang sangat dipengaruhi kemampuan mereka mengelola keinginan-keinginan ini.

Anggaran adalah perencanaan sistematis untuk mengatur keuangan Anda. Diharapkan dari perencanaan ini adalah keuangan Anda menjadi lebih baik dan sehat. Dengan begitu Anda dapat mengatur dan memperkirakan apa yang akan Anda lakukan setelah Anda mendapatkan gaji Anda.

Ada beberapa gaya hidup menurut uang yang Anda terima. Yang pertama adalah hidup di atas pendapatan yang Anda terima. Hal ini kurang baik karena memacu seseorang untuk terus menggunakan uang Anda dan menghabiskannya. Orang dengan tipe ini akan cenderung membuat daftar apa saja yang akan mereka beli ketika mendekati tanggal gajian.

Yang tidak baik adalah Anda menggunakan uang Anda semuanya dan bahkan ada yang sampai berutang karena kelebihan memakai uang. Biasanya hal ini karena sifat konsumtif dan ikut-ikutan teman-teman.

Yang kedua adalah orang yang hidup dengan pendapatan. Hampir sama dengan tipe pertama, tetapi tipe ini cenderung tidak memiliki utang. Hanya saja berapaun uang yang masuk, itulah uang yang keluar. Dengan begitu Anda jadi tidak memiliki tabungan bila ada hal-hal mendesak.

Yang ketiga adalah orang yang bisa hidup dari pendapatan. Biasanya orang dengan tipe ini sudah membuat anggaran keuangan sebelumnya. Dan hal ini dilakukan setiap bulan ketika mendapatkan gaji. Tipe ini memiliki tanbungan yang cukup untuk keperluan darurat seperti mobil rusak, rumah bocor, atau ada keluarga yang memerlukan pinjaman penting yang mendesak. Dengan begitu Anda dapat mencapai tujuan Anda.

Sumber : All About Money - Benny Santoso & Wiyono Pontjoharyo
Halaman :
1

Ikuti Kami