Carilah Tuhan Maka Kamu Pasti Hidup
Kalangan Sendiri

Carilah Tuhan Maka Kamu Pasti Hidup

Lori Official Writer
      1437

Ayat Renungan:

Amos 5: 4, “Sebab beginilah firman TUHAN kepada kaum Israel: "Carilah Aku, maka kamu akan hidup!”

Yohanes 4: 11, “Kata perempuan itu kepada-Nya: "Tuhan, Engkau tidak punya timba dan sumur ini amat dalam; dari manakah Engkau memperoleh air hidup itu?”” Lalu Yesus menyampaikan, “Barangsiapa minum air ini, ia akan haus lagi, tetapi barangsiapa minum air yang akan Kuberikan kepadanya, ia tidak akan haus untuk selama-lamanya.”

 

Mencari Tuhan memberikan kita jaminan kehidupan. Dengan kata lain, di luar Tuhan maka kita akan mati. Kita bisa saja mati dalam harapan, ide, kreativitas, hubungan bahkan mati secara iman. 

Hari ini kita akan merenungkan kita Amos 5: 4, “Sebab beginilah firman TUHAN kepada kaum Israel: "Carilah Aku, maka kamu akan hidup!”  Jika kita ingin hidup kita lebih hidup, tak ada jalan lain selain mencari Tuhan. Kata ‘CARI’ di dalam ayat di atas bersifat aktif. Kita tidak bisa mendapatkannya jika kita hanya rebahan. Atau kita tidak duduk santai-santai di bawah pohon rindang dan berharap segala hal dalam hidup kita baik-baik saja dan saat kita tidak mendapatkannya kita menyalahkan Tuhan.

Tuhan menyuruh kita untuk mencari, yang artinya kita aktif. Seperti saat kita kehilangan permata atau emas milik kita, kita terus mencari dengan melakukan berbagai macam cara. 

Untuk kita mempunyai hidup yang berkelimpahan dan berkemenangan, apalagi saat kita sedang membahas tentang tema Conquer the Land, dimana kita bertujuan untuk menduduki sebuah tempat dan mengambil alih segala sesuatu dan membuat terobosan di dalamnya, kita tidak akan mengalami apa-apa jika kita tidak aktif bertindak. Kitab Amos 5 mendorong kita untuk melakukan sesuatu untuk bisa mengalami terobosan dan menjadi berkat. 

Di dalam Alkitab, kita bisa menyaksikan kisah seorang perempuan yang memberi air kepada Yesus di sumur. Di dalam Yohanes 4: 11 menyampaikan, “Kata perempuan itu kepada-Nya: "Tuhan, Engkau tidak punya timba dan sumur ini amat dalam; dari manakah Engkau memperoleh air hidup itu?”” Lalu Yesus menyampaikan, “Barangsiapa minum air ini, ia akan haus lagi, tetapi barangsiapa minum air yang akan Kuberikan kepadanya, ia tidak akan haus untuk selama-lamanya.” Bukan saja waktu kita aktif mencari Tuhan, kita akan memperoleh berkat. Tetapi jaminan ini akan kita peroleh saat kita kembali ke surga. Inilah yang disebut dengan jaminan kekal.

Kalau kita menggunakan sedikit saja akal kita untuk menghitung keuntungan yang kita peroleh dari mencari Tuhan dibandingkan mengandalkan diri kita sendiri sama sekali tidak sebanding. Karena itu, hari ini mari mengambil tantangan untuk mencari Tuhan dan meminta tuntunan-Nya. Sudah terbukti bahwa orang-orang yang mengandalkan Tuhan, hidup mereka bukan saja diberkati berlipat kali ganda tetapi mereka juga akan menjadi berkat bagi hidup banyak orang.

 

Action: Di minggu ini, mari mengambil waktu untuk memikirkan apa yang sebenarnya perlu kita lakukan untuk bisa mengalami Tuhan dan mengalami terobosan dengan cara-Nya. Jadikan kebenaran firman Tuhan sebagai penuntun hidup Anda! 

Ayat Hafalan: Roma 12: 11, “Janganlah hendaknya kerajinanmu kendor, biarlah rohmu menyala-nyala dan layanilah Tuhan.” 

Hak cipta @Maria Kaesmetan

Ikuti Kami