Keluar dari JKT48, Jennifer Rachel Jadi Misionaris Suka Mission Trip. Kok Bisa?
Sumber: YouTube Superyouth

Youth / 15 October 2024

Kalangan Sendiri

Keluar dari JKT48, Jennifer Rachel Jadi Misionaris Suka Mission Trip. Kok Bisa?

Claudia Jessica Official Writer
262

Jennifer Rachel, atau yang biasa dipanggil Rachel, adalah sosok yang punya perjalanan hidup yang luar biasa. Sebelumnya, dia dikenal sebagai member JKT48 generasi kedua, tetapi siapa sangka, Rachel kini aktif melayani dalam misi-misi kemanusiaan dan pelayanan.

Rachel kecil adalah anak yang pemalu dan sering menjadi korban bullying. Tubuhnya yang kurus dan kurangnya percaya diri Rachel membuatnya jadi sasaran empuk orang-orang yang mencelanya.

"Dulu aku sering dikata-katain, tapi aku selalu percaya kalau Tuhan itu pasti membela aku," katanya kepada tim Superyouth.

 

BACA JUGA: Sharing Perjuangan Hidup, Cindy Gulla Tetap Kuat Berkat Ayat Alkitab Ini

 

Walaupun mengalami banyak kesulitan, Rachel selalu merasakan bahwa ada Tuhan yang bekerja dalam hidupnya.

Rachel tidak pernah menyangka dirinya akan menjadi anggota JKT48 kala itu. Berawal dari keisengan, ia berhasil lolos dan menjadi salah satu member dari grup populer tersebut.

Di balik ketenarannya, rupanya Rachel memiliki kerinduan untuk kembali melayani seperti sebelum ia memiliki kesibukan yang begitu padat. Sebelum bergabung dengan JKT48, Rachel memang aktif melayani di gereja dalam beberapa bidang.

Setelah tujuh tahun berkarir di JKT48, Rachel merasa terpanggil untuk kembali kepada pelayanan yang sempat ia tinggalkan. "Aku bilang ke Tuhan, kalau aku keluar dari JKT48, aku mau pelayanan lagi," ujarnya.

Siapa sangka setelah membuat keputusan besar tersebut, pandemi Covid-19 melanda dan membuat pelayanannya tertunda karena penerapan lockdown dan social distancing demi mencegah penularan Covid-19.

Meski begitu, Rachel tetap melihat ini sebagai rencana Tuhan. Ia mulai terlibat dalam misi-misi kemanusiaan, atau yang biasa disebut mission trip, dimulai dari NTT pada tahun 2021 setelah badai Seroja melanda.

Dalam mission trip pertamanya, Rachel bersama timnya membawa bantuan makanan ke daerah-daerah yang terkena bencana banjir. Ia merasa bahwa setiap perjalanan tersebut adalah pengalaman berjalan bersama Tuhan.

 

BACA JUGA: Pesimis Skripsinya Gak Lolos, Eve dan Ariel Ex-JKT48 Cerita Mujizat yang Mereka Alami

 

Rachel mengakui, mission trip membuka matanya tentang bagaimana Tuhan bekerja di tempat-tempat yang sulit. "Dulu aku pikir ini sulit, tapi di mission trip semuanya terasa nyata, pekerjaan Tuhan benar-benar terlihat," ceritanya.

Salah satu momen yang mengesankan bagi Rachel adalah ketika ia melakukan perjalanan ke daerah Malaka, hampir di perbatasan dengan Timor Leste. Di sana, mereka harus melewati jalanan off-road selama dua jam untuk mencapai desa yang terisolasi akibat jembatan yang roboh.

Saat mereka sampai, pengungsi baru saja kembali dari posko, dan mereka langsung bisa membagikan bantuan tepat pada waktunya. "Rasanya seperti semua sudah diatur oleh Tuhan," kata Rachel dengan penuh keyakinan.

Menariknya, meskipun Rachel telah merasakan kenyamanan dan kemewahan sebagai artis, ia tidak merasa ragu atau sulit menyesuaikan diri dengan kondisi keras di lapangan.

Baginya, misi pelayanan ini mengingatkan dari mana ia berasal. "Aku dulu juga bukan berasal dari keluarga berkecukupan, jadi setiap kali mission trip, aku selalu diingatkan Tuhan dari mana aku diambil," ucapnya dengan mata berkaca-kaca.

Rachel merasa bahwa Tuhan telah membawanya ke tempat yang jauh lebih baik, dan melalui pengalaman-pengalamannya di mission trip, ia semakin menyadari betapa besar kasih Tuhan dalam hidupnya. "Aku hidup karena iman, semua yang aku punya ini benar-benar karena anugerah Tuhan," katanya.

 

BACA JUGA: Tips Hadapi Body Shaming Ala Michelle Christo JKT48

 

Hingga saat ini, Rachel masih aktif melakukan mission trip untuk melaksanakan misi kemanusiaan di daerah-daerah terpencil, seperti Kupang, Rote, dan Alor.

Baginya, misi ini bukan hanya tentang melayani, tetapi merasakan dan menyaksikan pekerjaan Tuhan di setiap perjalanannya.

Rachel percaya, bahwa melalui mission trip, ia bisa lebih dekat dengan Tuhan dan menjalankan panggilan untuk memuridkan bangsa, sesuai firman Tuhan.

Di akhir video, Rachel memberikan pesan bagi kita, setiap orang percaya, katanya, "Dunia ini memang membingungkan dan penuh ketidakpastian, tapi ada satu sosok yang bisa memberi kepastian, dan Dia tidak akan mengecewakan, yaitu Tuhan Yesus. Kalau kamu merasa hidupmu tidak tahu arah, cobalah buka Alkitab dan kenali Tuhan lebih dalam. Aku yakin, sedikit demi sedikit hidup kalian akan diubahkan menjadi lebih baik."

Saksikan kesaksian Jennifer Rachel, eks JKT48 yang menjadi misionaris di YouTube Superyouth:

 

Sumber : Superyouth
Halaman :
1

Ikuti Kami