5 Rekomendasi Menu Sarapan Anak dan Kandungan Gizinya
Sumber: Canva.com

Health / 9 October 2024

Kalangan Sendiri

5 Rekomendasi Menu Sarapan Anak dan Kandungan Gizinya

Aprita L Ekanaru Official Writer
378

Saat sarapan, tentu yang harus Anda perhatikan adalah nutrisi di dalamnya, di mana ada karbohidrat dan protein. Apa yang penting dalam menu sarapan pagi anak?

Tubuh manusia menghasilkan energi dari karbohidrat, yang dipecah menjadi gula yang disebut glukosa. Setelah semalaman tanpa makanan, tubuh kehilangan sebagian besar glukosa. Kemudian protein yang dapat ditemukan di daging, kacang-kacangan, telur, susu, yogurt, dan keju memberi energi untuk si Kecil beraktivitas.

Berikut 5 rekomendasi menu sarapan pagi yang sehat dan bergizi untuk anak:


1. Aneka Hidangan Telur

Telur adalah protein yang paling banyak digunakan untuk sarapan. Apalagi telur mudah disiapkan dan bisa dibuat beraneka macam menu. Protein dalam telur penting untuk pertumbuhan si Kecil karena membantu pembentukan otot dan jaringan. Selain itu, kuning telur merupakan sumber antioksidan yang baik untuk mata dan otak.

Telur dapat disajikan sederhana seperti telur mata sapi, omelet, atau scrambled egg. Jika Anda membuat omelet, di dalamnya bisa diberi tambahan daging, sayur, atau keju.

2. Overnight Oat

Gandum utuh seperti beras merah, gandum, oat, sorgum, dan millet lebih tinggi serat, protein, vitamin, dan mineral dibanding biji-bijian olahan. Salah satu menu sarapan dari gandum adalah overnight oat yang disimpan di jar semalaman.

Campurkan sekitar 1/4 cangkir (26 gram) oat dan 1/2 cangkir (120 ml) jenis susu apa pun ke dalam toples kecil. Taburi dengan kacang, kelapa parut, biji chia, dan buah kering atau segar. Setelah siap, Anda tinggal menyimpannya di kulkas semalaman dan besok paginya sudah siap dinikmati.

3. Smoothies

Smoothies adalah cara mudah untuk mengemas seluruh makanan menjadi minuman. Di dalam segelas smoothies, Anda bisa mencampurkan buah dan sayur. Anda bisa menggunakan porsi kecil buah segar atau beku tanpa pemanis. Tambahkan segenggam sayuran berdaun hijau, sesendok selai kacang untuk lemak sehat, susu, atau yogurt.

4. Salad Buah dan Sayur

Salad buah dan sayur kaya akan vitamin dan mineral yang baik untuk si Kecil. Anda bisa memotong buah kesukaan si Kecil, kemudian dicampur dengan tomat, wortel, timun, dan parutan keju atau susu sebagai lemak. Dalam semangkuk salad buah dan sayur itu, setidaknya terkandung 66% vitamin A, 97% vitamin C, kalsium, dan zat besi untuk tumbuh kembang si kecil.

5. Susu dan Roti Gandum

Ini merupakan pilihan menu sarapan sehat untuk anak yang simpel. Di dalam segelas susu sapi kaya akan nutrisi dan vitamin seperti kalsium, protein, karbohidrat, dan lemak.

Sementara roti gandum mengandung serat, protein, vitamin, dan mineral yang lebih mengenyangkan dibanding roti tepung. Anda tinggal memasukkan protein lain seperti daging ham atau telur ke dalam roti, kemudian ditambah irisan tomat sebagai pelengkap.

Melihat pentingnya sarapan pagi untuk anak, Tim Kemanusiaan CBN Indonesia melalui Obor Berkat Indonesia membentuk sebuah program "Sarapan Bergizi". Dimana kami akan memberikan sarapan bergizi di sekolah secara GRATIS kepada keluarga anak-anak pra-sejahtera di Indonesia.

Mari dukung program Sarapan Bergizi, demi memastikan anak-anak Indonesia memulai hari dengan nutrisi yang cukup, hanya dengan KLIK DI SINI. Setiap dukungan Anda membantu menyediakan makanan sehat yang sangat dibutuhkan untuk pertumbuhan dan perkembangan mereka. Bersama, kita bisa menciptakan generasi yang lebih sehat dan cerdas!

Sumber : Jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami