Pentingnya Membangun Iman Anak Sejak Usia Dini Lewat Pendidikan
Sumber: Jawaban.com

Family / 11 September 2024

Kalangan Sendiri

Pentingnya Membangun Iman Anak Sejak Usia Dini Lewat Pendidikan

Lidya Dwi Apriliani Official Writer
166

Hosea, 6 tahun dikenal sebagai anak yang ceria dan senang belajar hal baru. Namun satu hal yang menjadi pergumulan kedua orangtua Hosea, yaitu ia sulit untuk berdoa dengan tenang. Bahkan ketika dibiasakan untuk mendengarkan cerita alkitab sejak dini, Hosea tidak bisa fokus.  

Hal ini terdengar biasa untuk anak seumuran Hosea yang aktif dalam bermain. Akan tetapi orangtua Hosea kesulitan untuk mengatur Hosea menjadi anak yang lebih tenang. Sampai pada akhirnya Hosea masuk TK Baptis Segrumung pada tahun 2022. 

Ketika pertama kali masuk sekolah, Hosea kesulitan menyesuaikan diri dengan rutinitas sekolah dan sering kehilangan fokus saat mengikuti pelajaran. Ia masih terbiasa bergerak kesana kemari saat berdoa atau mendengarkan cerita alkitab.  

BACA JUGA : Peran Penting PAUD dalam Mengubah Karakter dan Perilaku Misael

TK Baptis Segrumung menggunakan kurikulum  Super5, di mana setiap pagi anak-anak diajak berdoa dan mendengarkan renungan. Di momen ini guru TK mengajarkan pada anak bagaimana sikap berdoa yang baik. 

Kebiasaan yang dibangun setiap hari dan perhatian yang diberikan guru TK kepada Hosea, membuatnya berubah secara perlahan. Bahkan banyak nilai Kristiani yang ditanamkan di setiap pelajaran interaktif di sekolah.  

“Yang menyenangkan adalah karena di TK itu anak-anak diajarkan untuk kenal dan takut akan Tuhan...” ungkap Bu Rento, orangtua Hosea.  

BACA JUGA : Alami Speech Delay, Anak Ini Sudah Bisa Berbicara dengan Jelas- Yoel

Perubahan Hosea semakin terlihat ketika ia mampu berdoa dengan tenang. Bahkan ketika di rumah, ia menjadi terbiasa untuk selalu berdoa. Ia juga sering mengingatkan keluarganya untuk berdoa bersama sebelum berangkat sekolah. 

Kini, Hosea telah lulus dari TK Baptis Segrumung dan sudah melanjutkan pendidikannya ke Sekolah Dasar. Meskipun tidak ada SD Kristen di daerahnya, kedua orangtua Hosea melihat kebiasaan anak mereka tidak lepas dari pendidikan kristiani yang telah ditanamkan. 

Orangtua Hosea sangat bersyukur atas perkembangan Hosea, terlebih pada kedekatannya dengan Tuhan. Mereka berharap agar Hosea terus tumbuh menjadi anak yang berkarakter baik dan taat kepada Tuhan. 

Hosea menjadi bukti nyata, pengenalan akan iman pada anak usia dini akan memberikan pengaruh yang cukup kuat pada masa depannya. Bantu CBN untuk bisa terus memuridkan lebih banyak anak di seluruh Indonesia dengan cara berdonasi di bawah ini. 

Memuridkan Anak Usia Dini Bersama CBN 

Sumber : Jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami