Indonesia Konsumsi Mikroplastik Tertinggi di Dunia! Ini 5 Sumber Mikroplastik Terbanyak
Sumber: canva.com/doble-d

Health / 11 September 2024

Kalangan Sendiri

Indonesia Konsumsi Mikroplastik Tertinggi di Dunia! Ini 5 Sumber Mikroplastik Terbanyak

Claudia Jessica Official Writer
422

Indonesia kini mencatat rekor sebagai negara dengan konsumsi mikroplastik tertinggi di dunia. Mikroplastik telah menyusup ke dalam kehidupan sehari-hari masyarakat, bahkan tanpa disadari, mikroplastik hadir dalam makanan dan minuman yang kita konsumsi.

Studi yang diterbitkan dalam jurnal Environmental Science & Technology mengungkapkan bahwa Indonesia berada di peringkat teratas dalam hal konsumsi mikroplastik.

Penelitian yang dilakukan oleh ilmuwan dari Cornell University, AS, ini memetakan penyerapan mikroplastik oleh manusia di 109 negara dari tahun 1990 hingga 2018. Hasilnya menunjukkan bahwa penduduk Indonesia mengonsumsi sekitar 15 gram mikroplastik per bulan, sebagian besar berasal dari makanan laut.

 

 

BACA JUGA: Suka Beli Kopi Panas? Waspadai Penggunaan Wadah Plastik

 

Studi ini menyoroti bahwa konsumsi mikroplastik di Indonesia didorong oleh pencemaran plastik yang sangat tinggi di perairan, terutama di garis pantai utama yang banyak terpapar polusi.

Menurut peneliti, pengurangan sampah plastik sebesar 90 persen di perairan Indonesia, dapat secara signifikan menurunkan paparan mikroplastik hingga hampir setengahnya, seperti yang juga diharapkan di negara-negara maju dan kawasan industri lainnya.

 

Dampak Konsumsi Mikroplastik terhadap Kesehatan

Ketika manusia mengkonsumsi mikroplastik dalam jumlah besar, ada berbagai risiko kesehatan yang mengintainya.

Meskipun penelitian tentang dampak jangka panjang mikroplastik masih terus berlangsung, beberapa penelitian menunjukkan bahwa mikroplastik dapat menyebabkan inflamasi dan gangguan sistem imun.

 

 

BACA JUGA: Ditemukan Mikroplastik di Jantung Manusia? Bahayakah bagi Kesehatan Manusia?

 

Selain itu, partikel plastik ini bisa mengandung zat kimia berbahaya yang terikat pada permukaan plastik, yang berpotensi masuk ke tubuh manusia dan menimbulkan efek toksik.

 

5 Sumber Mikroplastik Terbanyak yang Harus Dihindari →

Tanpa Anda sadari, 5 alat yang biasa kita pakai sehari-hari telah menjadi sumber mikroplastik terbanyak.

Demi mengurangi paparan mikroplastik, kita harus memahami dari mana mikroplastik tersebut berasal.

Berikut adalah lima sumber utama mikroplastik yang perlu diwaspadai dan dihindari untuk mengurangi konsumsi mikroplastik:

1. Wadah Makanan yang Dipanaskan dengan Microwave

Pemanasan makanan dalam wadah plastik di microwave dapat melepaskan partikel mikroplastik ke dalam makanan. Sebaiknya gunakan wadah kaca atau keramik saat memanaskan makanan.

2. Wadah Es Batu Plastik

Penggunaan cetakan es batu plastik dapat menyebabkan partikel mikroplastik terlepas ke dalam es. Sebaiknya ganti dengan cetakan es berbahan stainless steel atau silikon.

3. Gelas Kertas

Meski terlihat ramah lingkungan, gelas kertas sering kali dilapisi lapisan plastik tipis yang bisa melepaskan mikroplastik ke dalam minuman panas. Alternatifnya, gunakan cangkir kaca atau termos.

4. Talenan Plastik

Menggunakan talenan plastik bisa menyebabkan serpihan mikroplastik masuk ke makanan saat memotong bahan makanan. Pilihan yang lebih baik adalah talenan kayu atau bambu.

5. Teh Celup

Beberapa teh celup modern mengandung partikel plastik dalam kantongnya. Sebaiknya pilih teh daun lepas dan gunakan saringan logam untuk menyeduh teh.

Alternatif Penggunaan untuk Mengurangi Konsumsi Mikroplastik

Untuk mengurangi konsumsi mikroplastik, ada beberapa alternatif yang bisa kita lakukan untuk mengganti kelima alat-alat di atas yang biasa kita pakai.

Misalnya, gunakan wadah kaca untuk memanaskan makanan, cetakan es batu stainless steel, serta talenan kayu. Mengurangi penggunaan produk sekali pakai berbahan plastik tidak hanya baik untuk kesehatan, tetapi juga untuk lingkungan.

Indonesia menghadapi tantangan besar dalam mengurangi konsumsi mikroplastik.

Diperlukan langkah-langkah bijak untuk mengurangi sampah plastik dan meningkatkan kesadaran masyarakat demi menurunkan jumlah mikroplastik yang masuk ke tubuh melalui makanan dan minuman.

Mari jaga kesehatan tubuh Anda dari sekarang.

 

Bagikan artikel ini kepada orang-orang yang Anda kasihi.

 

Sumber : kompas.com
Halaman :
Tampilkan per Halaman

Ikuti Kami