Paus Fransiskus Menggelar Misa Akbar di GBK, Perhatikan Rekayasa Lalu Lintas Hari Ini
Sumber: TEDY OCTARIAWAN KROEN/RM

News / 5 September 2024

Kalangan Sendiri

Paus Fransiskus Menggelar Misa Akbar di GBK, Perhatikan Rekayasa Lalu Lintas Hari Ini

Aprita L Ekanaru Official Writer
810

Hari ini, Jakarta akan menjadi saksi sejarah saat Paus Fransiskus mengunjungi ibu kota dan menggelar Misa Akbar di Stadion Gelora Bung Karno (GBK).

Momen langka ini tidak hanya mengundang antusiasme ribuan umat Katolik, tetapi juga menuntut perhatian khusus dari pengguna jalan di Jakarta. Agar perjalanan Anda tetap lancar, penting untuk memahami rekayasa lalu lintas yang diterapkan oleh kepolisian guna mengantisipasi kepadatan kendaraan di beberapa ruas jalan utama.

 

BACA JUGA: Kehadiran Paus Disambut Oleh Berbagai Tokoh Penting di Indonesia

 

Rekayasa Lalu Lintas Pagi Hari: Sekitar Masjid Istiqlal

Pagi ini, sekitar pukul 09.00 WIB, Paus Fransiskus dijadwalkan menghadiri pertemuan dengan tokoh antaragama di Masjid Istiqlal. Oleh karena itu, mulai pukul 08.30 WIB, akan diterapkan pengalihan lalu lintas di sekitar Masjid Istiqlal. Pengendara yang datang dari arah Selatan, seperti Bundaran HI atau Tanah Abang, dan menuju ke Timur (Stasiun Senen), disarankan untuk melewati Jalan Thamrin sisi Barat dan melanjutkan perjalanan melalui Jalan Medan Merdeka Barat, Majapahit, Juanda, hingga Jalan Gunung Sahari. Sementara itu, mereka yang bergerak dari arah Timur (Menteng) menuju ke Barat (Tanah Abang) dapat menggunakan rute alternatif melalui Jalan Hos Cokroaminoto, Wahid Hasyim, dan seterusnya.

Rekayasa Lalu Lintas Sore Hari: Sekitar GBK Senayan

Pada sore hari, mulai pukul 15.30 WIB, rekayasa lalu lintas akan difokuskan di sekitar kawasan Senayan. Paus Fransiskus dijadwalkan memimpin Misa Suci di GBK pada pukul 17.00 WIB, yang diperkirakan akan dihadiri oleh 80 ribu umat. Bagi pengguna jalan yang biasanya melewati area ini, sebaiknya memperhatikan beberapa perubahan rute. Misalnya, pengendara dari Selatan (Cipete) yang menuju ke Barat (Slipi) dapat melalui Jalan Kyai Maja dan Jalan Kebayoran Baru, sedangkan mereka yang datang dari Utara (Harmoni) menuju ke Selatan (Blok M) dapat melewati Jalan Medan Merdeka Barat dan Jalan KH Mas Mansyur.

 

BACA JUGA: Hari Ini Paus Fransiskus Bertemu Jokowi di Istana Kepresidenan

 

Untuk menghindari kemacetan parah, pemerintah juga menyarankan pekerja di Jakarta untuk melakukan work from home (WFH) pada hari ini. Langkah ini diharapkan dapat mengurangi jumlah kendaraan yang beredar di jalanan, sehingga mempermudah kelancaran kegiatan Paus Fransiskus dan mengurangi potensi kemacetan.

 

Jangan Sampai Terjebak Macet! Bagikan artikel ini kepada teman dan keluarga Anda agar mereka juga mengetahui rekayasa lalu lintas di Jakarta hari ini. Bersama-sama, kita bisa menghindari kemacetan dan mendukung kelancaran acara penting ini! 

Sumber : Jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami