Bukan Hanya Suara, Kini AI Bisa Kloning Manusia
Sumber: cahaya bagi negeri

News / 26 August 2024

Kalangan Sendiri

Bukan Hanya Suara, Kini AI Bisa Kloning Manusia

Puji Astuti Official Writer
321

Pernahkah Anda membayangkan memiliki versi digital dari diri Anda sendiri—sebuah klon virtual yang mampu meniru pikiran, kata-kata, dan tindakan Anda? Apa yang dulunya hanyalah sebuah fantasi teknologi kini telah menjadi kenyataan yang berada tepat di depan mata kita. 

Teknologi kloning digital kini mampu meniru seseorang dengan akurat melalui jejak digital yang mereka tinggalkan, mulai dari postingan di media sosial hingga video yang diunggah. Bahkan, interaksi sehari-hari seseorang dengan orang lain dapat dianalisis dan dijadikan dasar bagi penciptaan klon digital yang sangat mirip dengan aslinya. 

Yang lebih menarik, teknologi ini tidak hanya sekadar meniru perilaku, tetapi juga dapat menghidupkan kembali kenangan dan pengetahuan dari seseorang yang sudah tidak ada. Dalam sebuah wawancara dengan Maria Bartiromo di Fox Business dengan  Dara Ladjevardian, Co-Founder dan CEO perusahaan Delphi, mereka memamerkan klon AI yang dibuat berdasarkan dirinya sendiri. Klon ini mampu berinteraksi dengan spontan, seolah-olah itu benar-benar Dara yang sedang berbicara. 

Kemajuan teknologi AI kloning ini menimbulkan sejumlah pertanyaan penting yang perlu kita renungkan bersama. Apakah kloning digital ini adalah sebuah inovasi yang sangat menguntungkan, atau justru akan menjadi bumerang yang mengancam kehidupan kita di masa mendatang? 

Bagaimana jika kloning digital ini nantinya mampu menggantikan peran Anda dalam keluarga atau di tempat kerja? Apakah hal ini akan mempermudah hidup kita, atau justru menciptakan malapetaka yang tak terduga? Berbagai pandangan muncul terkait dampak jangka panjang dari teknologi ini. 

Berikan pendapat Anda di kolom komentar. Tuhan memberkati. 

BACA JUGA: 

Bahaya Pornografi dan Penggunaan Teknologi AI: Ancaman yang Menghadang

VIDEO : AI: SAHABAT ATAU MUSUH? ORANG KRISTEN HARUS APA?

Sumber : Cahaya Bagi Negeri
Halaman :
1

Ikuti Kami