Peran Pendampingan dalam Mengubah Hidup Keny yang Kehilangan Figur Ayah
Sumber: Jawaban.com

Family / 22 August 2024

Kalangan Sendiri

Peran Pendampingan dalam Mengubah Hidup Keny yang Kehilangan Figur Ayah

Lidya Dwi Apriliani Official Writer
337

Kehadiran ayah sangat penting dalam membentuk karakter anak. Ketidakhadiran seorang ayah, biasanya akan berdampak besar pada perkembangan psikologis dan sosial pada anak. Salah satu yang mengalami hal itu adalah Keny. 

Seorang anak laki-laki yang berusia 10 tahun yang tidak merasakan kehadiran ayahnya sejak ia masih balita. Saat itu ayahnya pamit untuk bekerja di Kalimantan. Namun setelah beberapa tahun hilang kabar, terdengar kabar ayahnya sudah memiliki keluarga baru disana. 

Kini Keny tinggal hanya bersama nenek dan tantenya, sementara ibunya bekerja sebagai asisten rumah tangga di Bali. 

BACA JUGA : Tekun Berdoa dalam Setahun, Doa Anak Ini Akhirnya Terwujud- Adinda

Absennya ayah Keny sejak kecil memberikan dampak yang cukup jelas pada karakter Keny. Dia terbentuk menjadi anak yang sangat pendiam dan pemurung. Tutor sanggar belajar School of Life GMIT Ekklesia Airkom melihat Keny yang sangat rendah diri. “Saya tidak berani...” bergitu ucapnya saat diminta untuk pimpin doa di depan teman-teman.   

Namun secara perlahan sebuah perubahan terjadi, saat itu Keny dan teman-temannya belajar materi School of Life “Aku Berharga”.  Tutor menjelaskan bahwa setiap anak adalah pribadi yang unik di mata Tuhan dan diciptakan untuk tujuan yang mulia. 

“Saya diciptakan untuk tujuan mulia dan saya sangat berharga. Apapun kekurangan saya, saya berharga di mata Tuhan...” ungkap Keny.  

BACA JUGA : Hal Ini yang Membuat Prayer Keluar dari Lingkungan Pertemanan yang Toxic

Ketidakhadiran ayahnya adalah salah satu kekurangan yang membuatnya rendah diri. Namun setelah pembelajaran di hari itu, Keny mulai mau membuka dirinya. Ia berani ketika diminta untuk menjadi memimpin pujian atau bernyanyi dalam kelompok vokal di kebaktian gereja.  

Pembelajaran yang bisa dipetik dari kisah Keny adalah pendampingan dan dukungan yang tepat dapat mengubah seorang anak. Meski kehilangan figur ayahnya dan ditinggal bekerja ibunya, kehadiran sanggar belajar membuat Keny percaya bahwa ia berharga di mata Tuhan dan orang sekitarnya. 

Sanggar Belajar Anak School of Life saat ini telah melayani dan mendampingi 3.415 anak di daerah Terdepan, Terluar dan Tertinggal yang memerlukan akses pendidikan. Ayo, ambil bagian untuk menjadi berkat bagi mereka bersama CBN dengan berdonasi sekarang!

 DONASI SEKARANG!

Sumber : Jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami