Untuk Anda Yang Sedang Kehilangan Harapan, Pesan Ini Untuk Anda!
Sumber: Jawaban.com

Kata Alkitab / 16 August 2024

Kalangan Sendiri

Untuk Anda Yang Sedang Kehilangan Harapan, Pesan Ini Untuk Anda!

Puji Astuti Official Writer
912

Beberapa waktu ini, berita korban bunuh diri muncul silih berganti. Ada yang mahasiswa, polisi, pengusaha dan juga ibu rumah tangga, dengan berbagai masalah yang berbeda namun mereka memiliki satu kesamaan, yaitu tidak lagi memiliki kekuatan untuk melanjutkan kehidupan.  

Dalam kehidupan, manusia dapat menghadapi berbagai macam ujian dan penderitaan, seperti kehilangan harta benda, kehilangan jabatan, atau bahkan kehilangan orang-orang yang dicintai. Walau demikian mereka yang tidak kehilangan harapan, bukan hanya mereka bisa meneruskan kehidupannya tapi mereka bahkan dapat bangkit dan menginspirasi orang lain.   

Kisah Ayub dalam Alkitab adalah salah satu contoh yang paling nyata tentang bagaimana seorang manusia dapat kehilangan segalanya. Namun, satu hal yang tidak pernah hilang dari Ayub adalah pengharapannya kepada Tuhan. Meskipun dalam penderitaan yang luar biasa, Ayub tetap bertahan dan mengandalkan Tuhan sebagai sumber kekuatan. 

Pengharapan yang Berakar pada Iman 

Pengharapan dalam Tuhan adalah dasar dari iman yang kuat. Dalam Ibrani 11:1, tertulis, "Iman adalah dasar dari segala sesuatu yang kita harapkan dan bukti dari segala sesuatu yang tidak kita lihat." Ini berarti bahwa iman dan pengharapan adalah hal yang saling berkaitan erat.  

Ketika seseorang menaruh pengharapan pada Tuhan, ia memiliki kepercayaan bahwa Tuhan akan melakukan yang terbaik menurut kehendak-Nya, meskipun jalan keluar dari masalah belum tampak secara kasat mata. 

Ayub adalah teladan dari iman dan pengharapan yang teguh. Meskipun semua yang dimilikinya hancur, Ayub tidak kehilangan imannya kepada Tuhan. Dalam Ayub 13:15 (terjemahan FAYH), Ayub berkata, "Sekalipun Allah akan mencabut nyawaku, aku akan tetap mempercayakan diriku kepada-Nya; aku hendak menghadap Allah untuk mengadukan perkaraku kepada-Nya.” 

Ini menunjukkan bahwa pengharapan Ayub tidak terletak pada keberhasilan atau kesuksesan duniawi, tetapi pada Tuhan yang berdaulat atas segala sesuatu. 

Ketika Harapan Hilang, Jiwa Menjadi Lemah 

Sebaliknya, kehilangan pengharapan dapat menghancurkan seseorang secara batin, meskipun ia masih memiliki harta atau kedudukan. Amsal 13:12 menyatakan, " Harapan yang tertunda menyedihkan hati, tetapi keinginan yang terpenuhi adalah pohon kehidupan."  

Orang yang kehilangan pengharapan akan mudah jatuh dalam keputusasaan, kebingungan, dan kegelapan batiniah. Tidak peduli seberapa besar hal-hal materi yang dimilikinya, tanpa pengharapan dalam Tuhan, hidupnya akan terasa hampa. 

Bagaimana Menjaga Pengharapan dalam Tuhan? 

Menjaga pengharapan kepada Tuhan membutuhkan disiplin rohani yang terus-menerus. Berikut adalah beberapa cara yang dapat membantu kita tetap teguh dalam pengharapan kepada Tuhan: 

1. Membaca dan Merenungkan Firman Tuhan 

Firman Tuhan adalah sumber kekuatan dan penghiburan. Dalam Roma 15:4, dikatakan, "Sebab segala sesuatu yang ditulis dahulu, telah ditulis untuk menjadi pelajaran bagi kita, supaya kita teguh berpegang pada pengharapan oleh ketekunan dan penghiburan dari Kitab Suci."  

Dengan merenungkan janji-janji Tuhan yang terdapat dalam Alkitab, kita dapat tetap memiliki pengharapan yang kuat, meskipun situasi yang kita hadapi berat. 

2. Berdoa dan Mengandalkan Tuhan. 

Dalam Filipi 4:6-7, kita diingatkan untuk membawa segala kekhawatiran kita kepada Tuhan melalui doa, sehingga damai sejahtera Allah akan menjaga hati dan pikiran kita. Ketika kita berserah kepada Tuhan dalam doa, kita mengakui bahwa Dialah sumber segala pengharapan dan kekuatan kita. 

3. Bergabung Dalam Komunitas Orang Percaya.  

Ibrani 10:24-25 menekankan pentingnya bersekutu dengan saudara seiman agar kita saling menguatkan dalam pengharapan. Ketika kita bersekutu dengan saudara seiman, kita dapat saling menguatkan dan mengingatkan bahwa Tuhan selalu bekerja dalam hidup kita untuk mendatangkan kebaikan. 

BACA JUGA : 

Ingin Bunuh Diri? Stop! Lakukan Hal Ini

30 Ayat Alkitab Tentang Kekuatan di Dalam Tuhan

Tuhan Adalah Sumber Pengharapan Sejati 

Mazmur 62:6-7 berkata, "Hanya pada Allah saja kiranya aku tenang, sebab dari pada-Nyalah harapanku. Hanya Dialah gunung batuku dan keselamatanku, kota bentengku, aku tidak akan goyah."  

Pengharapan yang sejati hanya bisa ditemukan dalam Tuhan, bukan pada hal-hal duniawi. Harta benda, kekuasaan, dan status dapat hilang kapan saja, tetapi Tuhan tidak pernah meninggalkan umat-Nya. 

Ayub adalah contoh orang yang terus berpegang pada pengharapan dalam Tuhan meskipun dia menghadapi penderitaan yang luar biasa. Pada akhirnya, Tuhan memulihkan Ayub, bahkan memberkatinya lebih dari sebelumnya. Ayub 42:10 mencatat bahwa setelah Ayub berdoa bagi sahabat-sahabatnya, "Tuhan memulihkan keadaan Ayub dan memberikan kepadanya dua kali lipat dari segala kepunyaannya dahulu." 

Pengharapan dalam Tuhan adalah fondasi bagi kehidupan seorang Kristen. Meskipun kita mungkin kehilangan banyak hal dalam hidup ini, selama kita memiliki pengharapan yang kuat dalam Tuhan, kita akan tetap dapat bertahan dan bahkan bangkit kembali.  

Jika Anda saat ini merasa kehilangan harapan atau membutuhkan seseorang dimana Anda bisa bercerita dan di doakan,  jangan ragu untuk menghubungi kami, Layanan Doa dan Konseling CBN dengan KLIK DISINI.  

Hubungi kami sekarang dan temukan kembali pengharapan Anda dalam Tuhan. Anda tidak berjalan sendirian – kami ada di sini untuk membantu. 

Sumber : Jawaban.com | Puji Astuti
Halaman :
Tampilkan per Halaman

Ikuti Kami