Paus Fransiskus Pimpin Misa Akbar di GBK 5 September Mendatang, Berikut Teknisnya
Sumber: Instagram (@franciscus)

News / 9 August 2024

Kalangan Sendiri

Paus Fransiskus Pimpin Misa Akbar di GBK 5 September Mendatang, Berikut Teknisnya

Claudia Jessica Official Writer
1351

Paus Fransiskus dijadwalkan memimpin Misa Akbar di Stadion Utama Gelora Bung Karno (GBK), Senayan, Jakarta, pada Kamis, 5 September 2024. Misa ini merupakan bagian dari kunjungan Paus Fransiskus ke Indonesia yang berlangsung dari 3 hingga 6 September 2024.

Dua Stadion Dikhususkan untuk Misa Akbar

Menurut Juru Bicara Panitia Penyambutan Paus Fransiskus, Thomas Ulun Ismoyo Pr, Misa Akbar akan memanfaatkan dua stadion di kompleks GBK: Stadion Madya dan Stadion Utama GBK.

 

BACA JUGA: Indonesia Siap Sambut Kunjungan Paus Fransiskus September 2024 Mendatang

 

“Stadion Madya akan diperuntukan untuk komunitas pendidik, terutama anak-anak sekolah dengan batas usia SMP. Sedangkan Stadion GBK diperuntukan untuk umat pada umumnya, yang adalah undangan keuskupan-keuskupan se-Indonesia dan beberapa organisasi,” ujar Thomas sebagaimana dikutip dari YouTube Harian Kompas pada Jumat (09/08/2024).

Kuota Misa di GBK Hampir Terpenuhi

Dari kapasitas sekitar 86.000 umat yang dapat menghadiri Misa di GBK, sekitar 95% kuota telah terisi. Stadion Madya memiliki kapasitas sekitar 26.000 peserta, sementara Stadion GBK dapat menampung sekitar 60.000 peserta.

Thomas menjelaskan bahwa dari 60.000 kapasitas di GBK, sekitar 54.000 kursi disediakan untuk umat Katolik umum dari berbagai keuskupan di Indonesia.

 

BACA JUGA: Paus Fransiskus Serukan Gencatan Senjata Olimpiade 2024 Pada Negara yang Tengah Berperang

 

Teknis Pelaksanaan Misa di GBK

Panitia memutuskan untuk tidak menggunakan rumput stadion utama selama pelaksanaan Misa. Umat akan ditempatkan di tribun penonton.

Tingginya antusiasme umat Katolik Indonesia menyambut kedatangan Paus Fransiskus, panitia menghimbau umat agar datang bersama-sama menggunakan angkutan umum.

Selain itu, umat diharapkan mempersiapkan kondisi fisik agar dapat mengikuti Misa dengan aman dan nyaman.

Jadwal dan Pengaturan Akses ke GBK

Thomas menambahkan bahwa kompleks GBK akan dibuka mulai pukul 11.30 WIB, sementara perayaan Ekaristi akan dimulai pukul 17.00 WIB. Pintu-pintu kompleks GBK akan ditutup pada pukul 15.15 atau 15.30 WIB. Tiga pintu masuk akan dibuka untuk umat, sementara satu pintu akan dikhususkan untuk Paus dan delegasinya.

 

BACA JUGA: Paus Fransiskus Pimpin Misa Akbar di GBK 5 September Mendatang, Berikut Teknisnya

 

Dengan persiapan yang matang, misa akbar ini diharapkan berjalan lancar dan menjadi momen bersejarah bagi umat Katolik di Indonesia.

 

Sumber : YouTube Harian Kompas
Halaman :
1

Ikuti Kami