Pernak-pernik yang Wajib di Hari Raya Kemerdekaan Indonesia
Sumber: canva.com/Odua Images

News / 9 August 2024

Kalangan Sendiri

Pernak-pernik yang Wajib di Hari Raya Kemerdekaan Indonesia

Claudia Jessica Official Writer
563

Hari Kemerdekaan Indonesia yang jatuh pada 17 Agustus 1945 tentunya sangat membanggakan bagi seluruh rakyat Indonesia.

Kemerdekaan yang telah diraih setelah bertahun-tahun berjuang dan berusaha memerdekakan diri dari penjajahan memang pantas untuk dirayakan.

Selain pesta kembang api, yang menjadi tradisi pada perayaan hari kemerdekaan, masih banyak pernak-pernik yang identik dengan momen bersejarah ini.

Berikut beberapa pernak-pernik atau hiasan yang sangat identik dengan Hari Kemerdekaan Indonesia dan bisa menjadi inspirasi untuk menghias rumah atau lingkungan Anda.

1. Bendera Merah Putih

Tak lengkap rasanya jika tidak menggunakan bendera merah putih sebagai pernak-pernik Hari Kemerdekaan Indonesia. Warna merah putih yang ada pada bendera ini dianggap sebagai lambang kehidupan rakyat Indonesia yang merdeka dan berdaulat.

Pada hari kemerdekaan, bendera merah putih bisa ditemukan di sepanjang jalan dan bangunan-bangunan pemerintahan. Selain itu, bendera merah putih juga biasanya ditaruh di depan rumah masyarakat untuk menunjukkan semangat kebanggaan atas kemerdekaan Indonesia.

2. Umbul-umbul

Umbul-umbul bisa menjadi hiasan yang cocok untuk menambah semarak penyambutan Hari Kemerdekaan Indonesia.

Biasanya, umbul-umbul dihias dengan warna merah putih dan di tempatkan di pinggir jalan atau depan rumah. Umbul-umbul dengan warna yang mencolok memberikan kesan ceria yang sesuai dengan momen perayaan kemerdekaan.

3. Spanduk Selamat Hari Kemerdekaan

Spanduk yang bertuliskan "Selamat Hari Kemerdekaan" juga menjadi pernak-pernik Hari Kemerdekaan Indonesia yang cukup populer.

Spanduk ini bisa dipajang di depan rumah atau di sepanjang jalan untuk memberikan semangat kemerdekaan kepada masyarakat. Spanduk ini biasanya dihias dengan gambar atau tulisan yang sesuai dengan momen kemerdekaan.

4. Bendera untuk menghias Kendaraan

Agar meriah, tak ada salahnya jika kendaraan dihias dengan bendera merah putih dan pernak-pernik lainnya. Hal ini bisa dilakukan dengan mudah dengan menempelkan bendera dan hiasan lainnya pada mobil atau motor. Warna-warna cerah akan memberi kesan atraktif pada kendaraan dan juga sesuai tema perayaan kemerdekaan.

5. Bendera hiasan di gang rumah

Menaruh bendera merah-putih atau spanduk di gang rumah juga bisa menjadi hiasan yang menarik untuk menyambut Hari Kemerdekaan Indonesia. Selain membuat lingkungan terlihat meriah, ini juga dapat meningkatkan rasa persatuan dan semangat kebersamaan pada masyarakat.

6. Lampu LED merah-putih

Agar suasana semarak, bisa juga menggunakan lampu LED merah-putih. Lampu LED ini dapat ditempatkan pada jalan atau di sepanjang tembok bangunan untuk memberikan efek cahaya yang menyala-nyala. Lampu LED memang menjadi hiasan yang menarik dalam menyambut momen penting.

7. Kaos Kemerdekaan

Tak hanya benda hiasan, kaos kemerdekaan juga menjadi tren pada momen Hari Kemerdekaan Indonesia. Banyak orang memilih untuk mengenakan kaos yang dihiasi dengan variasi bendera merah putih. Selain sebagai bentuk rasa cinta pada Indonesia, kaos kemerdekaan juga memberi kesan meriah pada momen penting tersebut.

Itulah beberapa pernak-pernik atau hiasan yang populer dan identik dengan Hari Kemerdekaan Indonesia. Semoga bermanfaat untuk menambah semarak momen penting bagi bangsa Indonesia.

Selamat Hari Kemerdekaan Indonesia ke-79, Merdeka!

Sumber : jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami