Marak Kasus Pelecehan Anak Dilakukan Oleh Keluarga, Dimana Tempat yang Aman untuk Anak?
Sumber: canva.com/doidam10

News / 7 August 2024

Kalangan Sendiri

Marak Kasus Pelecehan Anak Dilakukan Oleh Keluarga, Dimana Tempat yang Aman untuk Anak?

Claudia Jessica Official Writer
466

Kasus pelecehan anak masih terus terjadi seakan tidak pernah surut. Bahkan, pelaku pelecehan anak ini sangat dekat dengan kehidupan kita sehari-hari. Seperti 4 kasus pelecehan anak berikut ini:

1. Siswi SMP Dilecehkan Ayah Kandungnya

H adalah seorang siswa SMP yang dicabuli oleh kekasih RR (14) dan ayahnya. H yang dicabuli oleh kekasihnya, lantas melaporkan hal tersebut kepada sang ayah yang saat ini tinggal terpisah akibat perceraian dengan ibunya.

Dengan dalih untuk menenangkan anaknya, ayah korban meminta sang anak untuk menginap di kosannya. Di sinilah sang ayah melakukan aksi bejatnya dan membuat korban semakin trauma.

 

BACA JUGA: Anak Mengalami Pelecehan Seksual?! Lakukan 5 Cara ini untuk Atasi Traumanya!

 

Merasa tidak terima dengan perbuatan RR, ayah korban melaporkan kejadian ini kepada polisi. Setelah melakukan pemeriksaan dan visum, hasilnya H merupakan korban pemerkosaan berulang.

Ketika polisi bertanya siapa yang pernah mencabuli korban, H keceplosan dan mengatakan kalau sang ayah juga pernah mencabulinya. Kini, sang ayah dan RR menjalani hukumannya.

2. Ayah Kandung Lecehkan Balita 5 Tahun

Kisah tragis balita 5 tahun dilecehkan oleh ayah kandungnya diceritakan oleh sang ibu melalui akun instagram pribadinya @priskaprlly. Kecurigaan Priska bermula ketika sang anak mengalami perubahan seperti tidak nafsu makan dan sulit buang air kecil.

Priska sangat terkejut ketika melihat luka bekas gesekan di paha anaknya setelah pulang dari mantan suaminya. Dalam dialognya, sang anak mengaku ayahnya memasukkan benda aneh yang memiliki rambut dan mata.

Ibu korban lantas membawa putrinya ke rumah sakit dan melakukan pemeriksaan untuk melaporkan hal tersebut ke pihak berwajib.

 

BACA JUGA: Menghadapi Kasus Pelecehan Anak, Berikut 5 Hal yang Orang Tua Bisa Lakukan Sesuai Pesan Alkitab

 

3. Anak 5 Tahun Dilecehkan Ibu Kandung

Seorang ibu muda berusia 22 tahun ditangkap polisi setelah mencabuli anak laki-lakinya yang masih balita. Peristiwa ini ramai dibicarakan karena pelaku (R) mengunggah video tidak senonohnya di media sosial TikTok.

R mengaku dijebak oleh orang di Facebook yang mengiming-imingi dirinya untuk memberikan sejumlah uang dan pekerjaan setelah memintanya mengirimkan foto tanpa busana serta video tidak senonoh tersebut.

Bukannya mendapatkan uang, R justru diblokir oleh orang yang bersangkutan.

4. Adik Kakak yang Dilecehkan Paman dan Kakeknya

Kakak beradik di Depok menjadi korban pelecehan seksual yang dilakukan oleh paman dan kakeknya sendiri selama 2 tahun terakhir dan diketahui oleh sang nenek.

Ibu korban sangat terpukul mengetahui peristiwa keji yang dialami kedua anaknya yang masih berusia 7 dan 9 tahun. Sang kakak adalah anak laki-laki, sementara adiknya seorang perempuan.

 

BACA JUGA: PGI Sudah Buat Panduan 'Gereja Ramah Anak' Untuk Cegah Pelecehan Seksual Dalam Gereja

 

Keduanya kini mengalami trauma berat akibat pencabulan tersebut. Mereka menjadi anak yang penakut, terlebih lagi saat ditinggal orang tuanya.

Ada begitu banyak kejadian yang menimpa anak-anak. Masih banyak lagi kejadian mengenaskan ini yang mungkin saat ini belum terungkap.

Bahkan, rumah yang seharusnya menjadi paling aman untuk anak, dan sosok keluarga yang seharusnya melindungi anak-anak, justru menjadi pelaku dari peristiwa tragis ini.

Sekarang, masih adakah tempat yang aman untuk anak? Bagaimana cara melindungi anak dari bahaya pelecehan seksual? Saksikan Cahaya Bagi Negeri bersama Sylvana Maria A, M.Th, Anggota Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI), Kamis 19.00 WIB di YouTube Jawaban Channel.

 

Sumber : Berbagai Sumber
Halaman :
1

Ikuti Kami