3 Alasan Kenapa Finansial Freedom Itu Berbahaya
Sumber: canva.com/Kaspars Grinvalds

Finance / 7 August 2024

Kalangan Sendiri

3 Alasan Kenapa Finansial Freedom Itu Berbahaya

Claudia Jessica Official Writer
562

Siapa yang tidak ingin mencapai finansial freedom? Kebanyakan dari kita tentu ingin mencapai finansial freedom, kondisi dimana keuangan memberikan rasa aman dalam kehidupan kita.

Namun, tahukah Anda finansial freedom atau kebebasan finansial justru membuat kita lebih mengandalkan uang daripada Tuhan?

Finansial freedom menjadi harapan bagi orang-orang dalam mencapai kepuasan, keamanan, dan tujuan keuangan. Finansial freedom mengambil peran yang seharusnya hanya dapat dilakukan oleh Tuhan.

Keluaran 20:3 mengatakan, “Jangan ada padamu allah lain di hadapan-Ku.”

Kita seringkali membahas tentang bagaimana cara melunasi hutang, cara menabung, mengisi dana darurat, dan lainnya. Tapi bagaimana dengan bahaya yang bisa ditimbulkan dari finansial freedom?

1. Finansial Freedom Bisa Menjadi Berhala Baru

Sampai saat ini, masih banyak orang yang terjerat hutang. Apalagi dengan mudahnya mengajukan pinjol (pinjaman online), membuat orang-orang semakin mudah untuk berhutang.

Bagi sebagian orang, melunasi hutang dan mencapai finansial freedom menjadi tujuan utama. Namun dengan melakukan hal itu, kita telah menduakan Tuhan dan menjadikannya sebagai berhala.

Mengandalkan kekayaan untuk memberikan rasa aman hanya akan berakhir dengan kekecewaan. Kita tidak bisa membuat uang melakukan sesuatu yang hanya bisa dilakukan oleh Tuhan.

2. Finansial Freedom Bisa Membuat Anda Bergantung pada Diri Sendiri, Bukan pada Tuhan

Ketika mencapai finansial freedom, ada kecenderungan untuk merasa bahwa kehidupan berada di bawah kendali kita. Hal ini bisa membuat kita menjadi terlalu percaya diri dan lupa bahwa semua yang kita miliki adalah anugerah Tuhan.

Ketika kita bergantung pada diri sendiri dengan finansial freedom yang kita miliki, kita akan merasa tidak membutuhkan pertolongan Tuhan lagi. Inilah salah satu bahaya tersembunyi dari finansial freedom.

3. Finansial Freedom Mendorong Kita untuk Mengejar Harta Benda

Banyak orang yang sebelumnya terjebak dalam masalah finansial, harus merelakan barang impiannya. Ketika mencapai finansial freedom, kita merasa bebas untuk kembali memimpikan harta benda yang sebelumnya kita impikan.

Meskipun untuk membeli benda impian tersebut tidak dengan berhutang, ada kemungkikan dimana hati kita berpaling dari Tuhan dan tergoda dengan materi tersebut.

Apakah Finansial Freedom Itu Baik?

Finansial freedom tentu saja merupakan sesuatu yang baik, namun harus dipandang sebagai sarana untuk mencapai tujuan yang lebih mulia dan berdampak kekal. Uang seharusnya dilihat sebagai alat untuk kemuliaan Tuhan. Dari berkat yang Tuhan berikan kepada kita, ada berkat orang lain yang Tuhan titipkan melalui kita.

Setelah memahami fungsi finansial freedom, mari gunakan berkat Anda untuk mendukung pelayanan Tuhan. CBN Indonesia berkomitmen untuk membawa generasi anak kepada Tuhan. Mari muridkan anak-anak Indonesia menjadi generasi penerus yang takut akan Tuhan dengan memiliki hati yang visioner.  

Bergabunglah dengan kami dalam misi ini. Klik di sini untuk berdonasi.

Sumber : christianfinancialhealth.com
Halaman :
1

Ikuti Kami