5 Ikan dengan Harga Terjangkau dan Miliki Kandungan Omega-3 Lebih Banyak dari Salmon
Sumber: Canva.com by Dana Tentis from Pexels

Health / 1 August 2024

Kalangan Sendiri

5 Ikan dengan Harga Terjangkau dan Miliki Kandungan Omega-3 Lebih Banyak dari Salmon

Aprita L Ekanaru Official Writer
539

Apakah Anda tahu bahwa ada banyak jenis ikan yang kaya akan omega-3 dengan harga yang ramah di kantong? Omega-3 adalah nutrisi penting yang dapat menjaga kesehatan jantung, otak, dan sistem imun kita.

Meski salmon sering menjadi primadona, ternyata masih banyak ikan lain yang tidak kalah menyehatkan, serta lebih ekonomis dan tidak menguras kantong.

 

BACA JUGA: Olimpiade Paris 2024 Menerapkan Makanan Sehat untuk Para Atlet

 

1. Ikan Tongkol

Ikan tongkol adalah salah satu ikan yang kaya akan omega-3 dan protein. Dalam setiap 150 gram ikan tongkol terdapat 39 gram protein, yang cukup untuk memenuhi kebutuhan protein harian Anda. Selain itu, ikan tongkol juga mengandung vitamin A, C, dan kalsium, serta rendah kalori, kolesterol, dan natrium.

2. Ikan Tuna

Ikan tuna sangat populer dan dikenal luas. Beberapa jenis tuna seperti tuna mata besar, madidihang, albakora, dan tuna sirip biru selatan, memiliki kandungan omega-3 yang tinggi. Omega-3 dalam ikan tuna dapat membantu mencegah anemia, kanker, dan penyakit jantung. Tuna putih khususnya memiliki kandungan omega-3 yang lebih tinggi dibandingkan jenis tuna lainnya.

3. Ikan Sarden

Sarden adalah ikan yang sering dijual dalam bentuk kalengan, namun lebih sehat jika dikonsumsi dalam kondisi segar. Dalam 100 gram ikan sarden terdapat 1.463 mg omega-3, serta kalsium, magnesium, fosfor, dan vitamin D. Nutrisi ini sangat bermanfaat untuk kesehatan tulang dan mencegah berbagai penyakit.

4. Ikan Teri

Ikan teri mungkin berukuran kecil, tetapi kandungan omega-3-nya sangat tinggi. Dalam 45 gram ikan teri terdapat 9,24 gram gabungan DHA dan EPA, yang lebih tinggi dibandingkan salmon. Selain itu, ikan teri juga kaya akan vitamin B3 dan selenium, yang penting untuk kesehatan jantung dan sistem kekebalan tubuh.

5. Ikan Patin

Ikan patin dikenal karena kandungan asam lemak esensial omega-3-nya yang tinggi. Omega-3 ini sangat baik untuk perkembangan otak dan sistem kekebalan tubuh. Dalam 100 gram ikan patin terdapat 68,6 persen protein dan lebih dari 50 persen lemak tak jenuh, yang sangat baik untuk mencegah penyakit kardiovaskular. Selain itu, ikan patin juga rendah kolesterol, sehingga aman dikonsumsi oleh penderita kolesterol tinggi.

 

BACA JUGA: Minum Kopi Tanpa Gula Setiap Hari Miliki 5 Manfaat Bagi Tubuh

 

Menjaga kesehatan adalah bagian dari kehidupan kita, seperti tertulis dalam 1 Korintus 6:19-20 yang menyatakan bahwa tubuh kita adalah bait Roh Kudus. Oleh karena itu, mengonsumsi makanan sehat yang kaya akan omega-3 adalah salah satu cara untuk merawat tubuh kita dengan baik. Pilihlah ikan-ikan ini untuk memenuhi kebutuhan nutrisi Anda dan keluarga, dan nikmati manfaat kesehatan yang diberikan Tuhan melalui semesta ciptaan-Nya.

Sumber : Liputan 6 | Jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami