Si Kecil Gampang Menangis? Jangan Kasih Label Cengeng...
Sumber: Canva.com

Parenting / 24 July 2024

Kalangan Sendiri

Si Kecil Gampang Menangis? Jangan Kasih Label Cengeng...

Aprita L Ekanaru Official Writer
473

Pernahkah Anda melihat anak menangis karena terjatuh saat bermain, padahal lukanya hanya sedikit? Atau bahkan menangis ketika menonton film kartun yang sedih? Bagi beberapa orang tua, tingkah laku ini mungkin terlihat seperti anak yang cengeng dan manja.

Namun, tahukah Anda bahwa di balik tangisan mereka, bisa jadi terdapat makna yang lebih dalam? Salah satu ciri anak yang memiliki empati tinggi adalah mudah menangis, bahkan untuk hal-hal yang menurut kita sepele.

Empati adalah kemampuan untuk memahami dan merasakan emosi orang lain. Anak dengan empati tinggi biasanya lebih sensitif terhadap perasaan orang lain dan mudah tersentuh oleh hal-hal yang menyedihkan.

Apa yang bisa dilakukan orang tua?

Meskipun mendampingi anak yang gampang menangis memang sulit, orang tua perlu memahami bahwa dengan didampingi dengan baik, anak-anak ini akan tumbuh menjadi individu yang berempati tinggi. Berikut beberapa tips yang bisa dilakukan orang tua:

1. Validasi perasaannya

Akui dan dengarkan dengan penuh perhatian saat anak menangis. Katakan kalimat seperti, "Mama/Papa mengerti kamu sedih ya?" atau "Boleh ceritakan apa yang membuat kamu sedih?".

2. Ajarkan cara mengelola emosi sedih

Bantu anak untuk mengenali dan memahami emosinya. Ajarkan mereka cara mengelola emosi sedih dengan cara yang sehat, seperti menarik napas dalam-dalam, berhitung, atau menceritakan perasaannya kepada orang tua.

3. Berikan waktu untuk menenangkan perasaannya

Biarkan anak untuk meluapkan emosinya terlebih dahulu sebelum mencoba menenangkan mereka. Setelah mereka tenang, barulah ajak mereka untuk berbicara tentang apa yang membuat mereka sedih.

4. Ajak minum air putih

Menangis dapat menyebabkan dehidrasi. Oleh karena itu, tawarkan air putih kepada anak untuk membantu mereka merasa lebih baik.

Tentunya setiap anak berbeda, apa yang berhasil untuk satu anak mungkin tidak berhasil untuk anak lainnya. Orang tua perlu bersabar dan memahami kebutuhan anak masing-masing.

Dengan pendampingan yang tepat, anak-anak yang mudah menangis akan belajar untuk mengelola emosinya dengan lebih baik dan tumbuh menjadi individu yang berempati tinggi dan penuh kasih sayang.

 

BACA JUGA:

No More Fear, Ini 8 Cara Menumbuhkan Keberanian Anak untuk Berani Memimpin

Anak Cerdas, Berinternet Sehat! Gini Cara Orang Tua Bimbing Anak Menggunakan Internet Aman

Sumber : Jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami