Do and Don’ts Membantu Pasangan Mengatasi Inner Child yang Terluka
Sumber: jawaban.com

Marriage / 23 July 2024

Kalangan Sendiri

Do and Don’ts Membantu Pasangan Mengatasi Inner Child yang Terluka

Claudia Jessica Official Writer
731

Inner child adalah bagian dari diri kita yang membawa kenangan, pengalaman, dan emosi dari masa kecil. Ketika inner child terluka, dampaknya bisa sangat mempengaruhi hubungan pernikahan.

Menurut dr. Lahargo SpKJ, seorang psikiater di Pusat Kesehatan Jiwa Nasional dan konsultan di beberapa yayasan rehabilitasi dan pemulihan narkoba dengan gangguan jiwa, sangat penting bagi pasangan untuk bersama-sama mengatasi inner child yang terluka.

“Ya, tentu (harus disembuhkan). Karena kalau (inner child yang terluka) dibiarkan, akan sering ada trigger yang kemudian bisa berujung pada hal-hal yang tidak baik seperti konflik, permasalahan dalam keluarga, dan orang lain,” ucap dr. Lahargo saat diwawancarai oleh jawaban.com.

 

BACA JUGA: Pengaruh dan Peran Inner Child dalam Pernikahan Menurut Pandangan Psikater

 

Untuk membantu pasangan mengatasi inner childnya yang terluka, dr. Lahargo membagikan beberapa langkah yang perlu kita lakukan dan tidak boleh dilakukan.

Langkah-Langkah Membantu Pasangan Mengatasi Inner Child yang Terluka

1. Membangun Komunikasi yang Intens

Membangun komunikasi yang sehat dan menyenangkan adalah langkah pertama dalam mendampingi pasangan yang memiliki inner child yang terluka. Komunikasi yang baik memungkinkan pasangan untuk saling memahami dan mendukung.

“Dengan memiliki gaya komunikasi antar pasangan yang sehat, baik, dan menyenangkan, disitulah kita akan bisa mendampingi pasangan yang punya inner child yang terluka,” kata dr. Lahargo.

2. Mendengarkan dengan Empati

Mendengarkan dengan empati berarti lebih dari sekadar mendengar kata-kata pasangan. dr. Lahargo menjelaskan perbedaan ini dengan bahasa Inggris, terdapat perbedaan antara hearing dan listening.

“Kalau hearing hanya mendengarkan aja. Tapi kalau listening, kita mendengarkan untuk mengetahui ada pesan atau emosi apa yang dirasakan pasangan. Kemudian ada keinginan untuk lebih paham tentang apa yang dialami dan dirasakan pasangan. Jadi mendengarkan itu penting banget,” jelas dr. Lahargo.

 

BACA JUGA: Cara Alkitabiah Mengatasi Inner Child yang Terluka Agar Tidak Merusak Pernikahan

 

3. Selalu Hadir untuk Pasangan

Kehadiran fisik dan emosional sangat penting untuk menolong pasangan dengan inner child yang terluka. Kita bisa menawarkan dan mendampingi pasangan jika memang membutuhkan pertolongan dari profesional kesehatan jiwa. Ini merupakan salah satu bentuk tindakan nyata dukungan Anda terhadap pasangan.

4. Tetap Terhubung dengan Pasangan

Menjaga komunikasi dan tetap terhubung dengan pasangan secara terus-menerus akan membantu mereka merasa lebih aman dan didukung.

Sementara itu, ada 4 hal yang juga perlu diperhatikan untuk Anda hindari:

 

Baca di halaman selanjutnya →

Sumber : dr. Lahargo Kembaren SpKJ
Halaman :
12Tampilkan Semua

Ikuti Kami