Benarkah Sekolah Negeri Gratis? Jika Masih Harus Bayar 5 Hal Ini, Artinya...
Sumber: canva.com

Finance / 10 July 2024

Kalangan Sendiri

Benarkah Sekolah Negeri Gratis? Jika Masih Harus Bayar 5 Hal Ini, Artinya...

Claudia Jessica Official Writer
341

Benarkah sekolah negeri gratis tanpa dipungut biaya? Faktanya, masih ada beberapa sekolah negeri yang mengharuskan muridnya untuk membeli seragam, buku, memungut iuran, dan lain-lain.

Padahal, pemerintah melalui Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Permendikbud) Nomor 44 Tahun 2012 telah melarang seluruh pungutan biaya sekolah.

Dalam Pasal 9 Ayat 1 disebutkan, satuan pendidikan dasar yang diselenggarakan oleh pemerintah, dan/atau pemerintah daerah dilarang memungut biaya satuan pendidikan.

 

BACA JUGA: Anak Mau Masuk Sekolah, Berapa Banyak Biaya yang Harus Disiapkan?

 

Lebih lanjut, Permendikbud Nomor 75 Tahun 2016 Pasal 12 huruf (a) menyebutkan bahwa Komite Sekolah, baik perorangan maupun kolektif dilarang menjual buku pelajaran, bahan ajar, perlengkapan bahan ajar, pakaian seragam atau bahan pakaian seragam di sekolah.

Jika orang tua masih dibebankan biaya untuk membayar 5 hal berikut ini, artinya sekolah melegalkan praktik pungutan kepada wali murid. Apa saja 5 biaya sekolah ekstra yang dibebankan kepada orang tua?

1. Buku

Meski sekolah menyediakan beberapa buku, seringkali orang tua masih harus membeli buku tambahan yang direkomendasikan oleh guru. Buku pelajaran ini bisa mencakup buku paket, panduan tambahan, atau materi pendukung lainnya yang tidak disediakan gratis oleh sekolah.

2. Sumbangan Komite Sekolah

Sumbangan komite sekolah adalah biaya yang seringkali dikemas dalam bentuk "sumbangan sukarela". Meskipun namanya sumbangan, tekanan sosial dan harapan dari pihak sekolah membuatnya menjadi biaya yang hampir wajib dibayar oleh orang tua.

 

BACA JUGA: Libur Sekolah Selesai, Apa yang Harus Orang Tua Siapkan untuk Anak Kembali Masuk Sekolah?

 

3. Seragam

Seragam sekolah adalah bagian penting dari penampilan siswa. Sekolah biasanya memiliki seragam khusus yang harus dibeli di tempat tertentu. Harga seragam ini bisa cukup mahal, terutama jika diperlukan beberapa set untuk setiap harinya.

4. Iuran Lain-Lainnya

Iuran ini mencakup berbagai hal mulai dari biaya perawatan gedung, kebersihan, hingga iuran kegiatan tertentu. Walaupun nominalnya bervariasi, akumulasi dari berbagai iuran ini bisa menjadi beban tersendiri bagi orang tua.

5. Biaya Ekstrakurikuler

Kegiatan ekstrakurikuler seperti klub olahraga, seni, dan organisasi siswa seringkali memerlukan biaya tambahan. Ini bisa mencakup biaya pendaftaran, pembelian peralatan, atau biaya pelatihan khusus.

 

Tips Mengatasi Biaya Sekolah yang Tidak Terduga →

Sumber : jawaban.com
Halaman :
12Tampilkan Semua

Ikuti Kami