Menko PMK Dukung Mahasiswa Pakai Pinjaman Online Asal Resmi Sebagai Solusi Bayar UKT
Sumber: Instagram (@muhadjir_effendy)

News / 4 July 2024

Kalangan Sendiri

Menko PMK Dukung Mahasiswa Pakai Pinjaman Online Asal Resmi Sebagai Solusi Bayar UKT

Claudia Jessica Official Writer
2543

Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK), Muhadjir Effendy, menyetujui penggunaan pinjaman online (pinjol) oleh mahasiswa untuk membayar uang kuliah tunggal (UKT).

Menurut Muhadjir, pinjol adalah inovasi teknologi digital yang bermanfaat jika digunakan dengan tepat dan tidak disalahgunakan.

"Sebetulnya kan peluang bagus, asal tidak disalahgunakan untuk tujuan-tujuan yang tidak baik," ujar Menko PMK Muhadjir Effendy.

 

BACA JUGA: 

Nadiem Makarim Batalkan Kenaikan Uang Kuliah Tunggal Tahun Ini

5 Daftar Kampus dan PTN yang Batalkan Kenaikan UKT

 

Muhadjir menjelaskan bahwa stigma negatif terhadap pinjol sering muncul karena penyalahgunaan dan penipuan yang terjadi. Oleh karena itu, pemanfaatan pinjol harus diawasi secara ketat oleh berbagai pihak, termasuk Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK).

Muhadjir mengatakan bahwa lebih dari 80 perguruan tinggi di Indonesia telah menerapkan sistem pinjol untuk membantu mahasiswa dalam membiayai kuliah mereka. Namun, perguruan tinggi yang menggunakan pinjol juga harus bertanggung jawab atas pemanfaatan tersebut.

"Kalau tidak salah ada 83 perguruan tinggi yang sekarang sudah menggunakan pinjol ini untuk membantu pembiayaan mahasiswa," kata Muhadjir.

 

BACA JUGA:

PGI Soroti Neoliberalisasi Pendidikan dan Kenaikan UKT dalam RDPU Komisi X DPR RI

Biaya UKT naik? Orang Tua Gunakan Strategi ini!

 

Muhadjir juga meminta masyarakat untuk mengubah pandangan negatif terhadap pinjol. Ia menekankan bahwa pinjol merupakan hasil dari adopsi teknologi digital dan dapat menjadi solusi inovatif jika digunakan secara benar.

"Memang sudah mengandung arti peyoratif ya, kesannya negatif. Tetapi ini kan sebuah inovasi teknologi, akibat dari kita mengadopsi teknologi digital," jelasnya.

Bagaimana menurut Anda?

 

BACA JUGA: Profil Anita Jacoba Gah, Anggota DPR yang Tolak Kenaikan Anggaran & Marahi Nadiem Makarim

 

Sumber : Metro Tv News
Halaman :
1

Ikuti Kami