Hari Plastik Internasional, Apa yang Anda Perlu Ketahui tentang Bahaya Plastik?
Sumber: Canva.com

Health / 3 July 2024

Kalangan Sendiri

Hari Plastik Internasional, Apa yang Anda Perlu Ketahui tentang Bahaya Plastik?

Aprita L Ekanaru Official Writer
1335

Apakah Anda tahu bahwa setiap botol plastik yang Anda buang bisa tetap ada selama ratusan tahun? Bagaimana jika kita mulai melihat sampah plastik bukan hanya sebagai masalah lingkungan, tetapi juga sebagai tantangan iman kita?

Setiap tahun pada tanggal 3 Juli, dunia memperingati Hari Plastik Internasional untuk meningkatkan kesadaran akan dampak buruk penggunaan plastik yang berlebihan. Plastik, meskipun praktis, memiliki konsekuensi yang serius terhadap lingkungan dan kesehatan kita. Dari pantai yang dipenuhi sampah hingga mikroplastik yang masuk ke dalam tubuh manusia, masalah ini tidak bisa lagi diabaikan.

Sebagai umat Kristen, kita diajarkan untuk menjaga ciptaan Tuhan. Dalam Kejadian 2:15, Tuhan menempatkan manusia di Taman Eden untuk mengusahakan dan memelihara bumi. Namun, bagaimana kita bisa mengatakan bahwa kita memelihara bumi jika kita terus-menerus mencemari dengan plastik yang tidak bisa terurai?

Penelitian menunjukkan bahwa sampah plastik memerlukan waktu hingga 450 tahun untuk terurai sepenuhnya. Sementara itu, hewan laut seperti penyu dan ikan sering kali salah mengira plastik sebagai makanan, yang dapat menyebabkan kematian mereka. Dampak ini tidak hanya merusak ekosistem laut, tetapi juga berisiko pada kesehatan manusia yang mengonsumsi ikan yang terkontaminasi mikroplastik.

Lebih jauh lagi, pembakaran sampah plastik menghasilkan gas beracun yang dapat menyebabkan penyakit pernapasan dan kanker. Mengurangi penggunaan plastik bukan hanya tentang melindungi lingkungan, tetapi juga tentang melindungi kesehatan kita dan generasi mendatang.

Lalu, apa yang bisa kita lakukan?

  • Mulailah dengan hal-hal sederhana seperti membawa tas belanja sendiri dan menghindari penggunaan plastik sekali pakai. Edukasi diri dan orang lain tentang pentingnya mendaur ulang. Berikan contoh yang baik dengan mengurangi jejak plastik dalam kehidupan sehari-hari Anda.
  • Sebagai orang Kristen, kita juga bisa mendukung gerakan lingkungan melalui doa dan tindakan nyata. Mari kita bergandengan tangan untuk menjaga bumi yang telah dipercayakan kepada kita, dan menjadikannya tempat yang lebih baik bagi semua makhluk hidup.

Pada Hari Plastik Internasional ini, mari kita renungkan peran kita dalam menjaga bumi dan bagaimana kita dapat membuat perubahan positif. Dengan langkah kecil dan kesadaran, kita bisa memberi dampak besar bagi lingkungan dan kehidupan kita.

 

BACA JUGA:

Peduli Lingkungan, Anggota Pemuda GSJA Kumpulkan Sampah Plastik di Lereng Gunung Merbabu

Ajak Generasi Muda Peduli Lingkungan, Apa Kata Alktiab Tentang Kebersihan Lingkungan? 

Sumber : Jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami