Dokter Tirta Ungkap Kemungkinan Penyebab Meninggalnya Zhang Zhi Jie dan Beri Pesan Penting
Sumber: Kolase Foto Instagram (@dt.tirta) dan X (@Badminton_Asia)

News / 2 July 2024

Kalangan Sendiri

Dokter Tirta Ungkap Kemungkinan Penyebab Meninggalnya Zhang Zhi Jie dan Beri Pesan Penting

Claudia Jessica Official Writer
253

Dr. Tirta mengungkapkan duka citanya atas meninggalnya Zhang Zhi Jie, seorang atlet muda berbakat, saat bertanding di Badminton Asia Junior Championship 2024. Zhang Zhi Jie meninggal dunia saat berlaga melawan Kazuma Kawano dari Jepang.

Dalam sebuah video yang diunggah di akun Instagramnya, Dr. Tirta memberikan edukasi kepada para penggemar olahraga tentang pentingnya memahami risiko kesehatan yang terkait dengan aktivitas fisik yang intens.

Dr. Tirta menjelaskan bahwa Zhang Zhi Jie kemungkinan mengalami kelainan elektrik pada jantung atau gangguan ritme jantung yang menyebabkan pasokan darah ke seluruh tubuh, terutama otak, berkurang drastis.

 

BACA JUGA: Zhang Zhi Jie Sempat Kejang, PBSI Beri Penjelasan Penyebab Awal Meninggalnya

 

Menurut Dr. Tirta, ada dua kondisi yang dapat menyebabkan situasi seperti yang dialami oleh Zhang Zhi Jie, yaitu Ventrikel Fibrilasi dan Ventrikular Takikardi.

Dr. Tirta menekankan pentingnya pertolongan pertama pada satu hingga dua menit pertama setelah kejadian. "Pertolongan di dua menit awal itu akan memperpanjang kemungkinav hidup dari sang Atlet untuk dibawa ke rumah sakit terdekat untuk mengalami atau menjalani penanganan lebih lanjut," jelasnya.

Di akhir videonya, Dr. Tirta memberikan peringatan kepada semua penggemar olahraga, baik atlet maupun non-atlet, bahwa olahraga kompetitif dan yang memacu adrenalin memiliki risiko tinggi terhadap serangan jantung.

"Pada akhirnya, olahraga apapun yang kompetitif dan melibatkan adrenalin sangat beresiko sekalipun bagi orang yang terlatih sekalipun, yaitu Atlet. Resikonya itu tidak jauh-jauh dari jantung," ungkapnya.

"Jantung adalah organ yang menyuplai darah ke seluruh tubuh. Nah, Atlet aja beresiko. Padahal beliau sudah terlatih. Apalagi kita yang orang biasa," lanjutnya.

 

BACA JUGA: Profil Tunggal Putra China Zhang Zhi Jie Meninggal Dunia di Tengah Pertandingan AJC 2024

 

Dr. Tirta menyarankan agar para penggemar olahraga melakukan aktivitas fisik sesuai dengan kemampuan tubuh mereka dan tidak memaksakan diri hingga melampaui batas.

Pesan ini ditujukan untuk meningkatkan kesadaran akan pentingnya menjaga kesehatan jantung, terutama saat melakukan olahraga yang intens.

Dengan menyampaikan pesan ini, Dr. Tirta berharap dapat mengedukasi masyarakat tentang pentingnya memahami kondisi kesehatan mereka sendiri dan mengambil langkah-langkah pencegahan yang tepat untuk menghindari risiko yang tidak diinginkan.

Sumber : jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami