Apa Kata Alkitab Tentang Janji Pernikahan, Sampai Maut Memisahkan?
Sumber: Jawaban.com

Kata Alkitab / 30 June 2024

Kalangan Sendiri

Apa Kata Alkitab Tentang Janji Pernikahan, Sampai Maut Memisahkan?

Puji Astuti Official Writer
827

Mengucapkan janji pernikahan menjadi momen kunci dalam sebuah pemberkatan pernikahan. Ketika seorang pria dan wanita mengucapkan janji pernikahan "sampai maut memisahkan", ia bukan hanya sedang mengikat janji dengan pasangannya, tapi juga melakukan perjanjian dengan Tuhan.  

Secara umum janji pernikahan berbunyi, “Aku, menerima engkau, sebagai istri/suami yang sah, untuk memiliki dan menjaga mulai saat ini, dalam suka dan duka, dalam kaya dan miskin, dalam sehat dan sakit, untuk mencintai dan menghargai sampai maut memisahkan kita, sesuai dengan kehendak Tuhan yang kudus. Dengan ini, aku memberikan kepadamu janji setiaku." 

Pernikahan adalah perjanjian tiga pihak, suami, istri dan Tuhan. Karenanya pernikahan dalam Kristen bukan hanya sebuah kontrak sosial, melainkan sebuah ikatan kudus yang didasarkan pada janji dan komitmen yang dimeteraikan oleh berkat Tuhan.  

Janji Pernikahan Kristen: Saling Setia Sampai Maut Memisahkan 

Janji pernikahan Kristen yang melibatkan komitmen untuk saling setia hingga maut memisahkan mencerminkan kesetiaan yang tak tergoyahkan dan komitmen seumur hidup. Janji ini diucapkan di hadapan Tuhan, keluarga, dan saksi-saksi lainnya, dan menjadi landasan dari seluruh kehidupan pernikahan Kristen.  

Janji ini bukan sekadar kata-kata, melainkan sebuah tekad untuk terus bersama dalam suka dan duka, dalam keadaan sehat maupun sakit, dalam kekayaan maupun kemiskinan. 

Dalam Matius 19:6, Yesus berkata, "Demikianlah mereka bukan lagi dua, melainkan satu. Karena itu, apa yang telah dipersatukan Allah, tidak boleh diceraikan manusia." Ayat ini menegaskan bahwa pernikahan adalah karya Allah yang menyatukan dua individu menjadi satu kesatuan yang utuh.  

Ketika pasangan menikah, mereka berkomitmen untuk menjaga dan merawat hubungan mereka sebagai satu kesatuan yang tidak terpisahkan oleh apapun kecuali oleh kematian. 

Baca selanjutnya -->

Sumber : Jawaban.com | Puji Astuti
Halaman :
123Tampilkan Semua

Ikuti Kami