Daftar Negara yang Memberikan Kuliah Gratis untuk Warganya
Sumber: Canva.com

News / 30 May 2024

Kalangan Sendiri

Daftar Negara yang Memberikan Kuliah Gratis untuk Warganya

Aprita L Ekanaru Official Writer
1812

Pendidikan tinggi adalah impian banyak orang, namun biaya yang tinggi seringkali menjadi kendala. Beruntung, ada beberapa negara yang menawarkan kuliah gratis bagi calon mahasiswa, termasuk calon mahasiswa internasional. Berikut adalah negara-negara yang memberikan kesempatan tersebut:

Finlandia

Finlandia diakui sebagai salah satu negara terbaik dalam memberikan pelayanan pendidikan. Tidak hanya menawarkan pendidikan tanpa biaya, tetapi juga menyediakan banyak program studi berbahasa Inggris yang memudahkan mahasiswa asing.

Meski demikian, biaya hidup dan tempat tinggal tetap menjadi tanggung jawab masing-masing mahasiswa. Beberapa kampus terbaik di Finlandia antara lain University of Helsinki, Abo Academy University, University of Turku, dan University of Tampere.

Dengan kualitas pendidikan yang tinggi dan lingkungan belajar yang mendukung, Finlandia menjadi pilihan populer bagi mahasiswa dari berbagai negara.

Norwegia

Norwegia adalah negara yang sebagian besar universitasnya tidak lagi memungut biaya pendidikan bagi mahasiswa lokal maupun internasional. Namun, biasanya akan tetap ada iuran pendidikan di setiap semester sekitar 40-60 Euro.

Iuran ini digunakan untuk menunjang kualitas studi mahasiswa, sehingga tetap terjangkau dan memberikan nilai tambah bagi pendidikan.

Kebijakan ini menjadikan Norwegia sebagai destinasi pendidikan tinggi yang menarik, terutama bagi mereka yang mencari kualitas tanpa biaya yang besar.

Jerman

Pemerintah Jerman memberikan keringanan bahkan menggratiskan pendidikan bagi warganya maupun warga negara asing yang belajar di sana.

Jerman terkenal dengan sistem pendidikan berkualitas tinggi dan memberikan akses pendidikan tinggi gratis bagi seluruh mahasiswa. Negara ini juga dikenal dengan banyaknya universitas terkemuka yang menawarkan berbagai program studi dalam bahasa Inggris, sehingga menarik minat mahasiswa internasional.

Dengan lingkungan yang mendukung dan fasilitas pendidikan yang modern, Jerman adalah pilihan yang tepat untuk melanjutkan studi tanpa biaya besar.

Swedia

Swedia tidak mengenakan biaya pendidikan untuk kampus negeri maupun swasta. Negara ini memiliki tingkat partisipasi pendidikan tinggi yang tinggi, dengan banyaknya anak muda yang berkuliah di Swedia mencapai 68 persen.

Meski demikian, tingkat pengeluaran masyarakat untuk kuliah di Swedia bisa mencapai USD 20.864 atau sekitar Rp 300 juta (kurs Rp 14.383).

Meskipun biaya hidup cukup tinggi, banyaknya program beasiswa dan kualitas pendidikan yang ditawarkan membuat Swedia tetap menjadi pilihan menarik bagi mahasiswa internasional.

Denmark dan Austria

Denmark dan Austria juga termasuk negara yang menawarkan pendidikan tinggi gratis bagi mahasiswa. Kedua negara ini memiliki sistem pendidikan yang baik dan universitas yang terkemuka, menjadikan mereka destinasi pendidikan yang menarik bagi mahasiswa dari berbagai penjuru dunia.

Kebijakan ini tidak hanya membantu mengurangi beban finansial mahasiswa, tetapi juga menarik minat mahasiswa internasional untuk belajar dan berkembang di lingkungan akademis yang berkualitas.

 

BACAAN TERKAIT:

5 Daftar Kampus dan PTN yang Batalkan Kenaikan UKT

Nadiem Makarim Batalkan Kenaikan Uang Kuliah Tunggal Tahun Ini

Sumber : Berbagai Sumber | Jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami